Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, July 3, 2020
redaksi@topcareer.id
Sosok

Kartunis Edi Dharma, 4 Kali Raih Penghargaan Internasional

Dok/Edi Dharma

Topcareer.id – Pandemi Covid-19 mungkin mampu membatasi aktivitas kita di luar rumah, namun tidak dengan prestasi. Hal ini dibuktikan oleh kartunis Edi Dharma yang baru saja memenangkan kontes bergengsi bertaraf internasional di Rumania.

Tak main-main, dalam kontes yang diikuti oleh 235 peserta dari berbagai negara itu, Edi meraih posisi juara pertama lewat karyanya yang diberi judul Something Worthwile.

Karya Edi Dharma yang mengantarkannya meraih juara pertama di Kontes Kartun Romania. (Foto: Dok/Edi Dharma)

Lalu, bagaimana cara Edi mengikuti kontes bernama Rhubarb Cartoons Contest yang diadakan secara online tersebut?

“Saya tergabung di yayasan Pencil Indonesia (Gold Pencil), di sana tergabung para kartunis lainnya, dan mendapat info tentang lomba internasional dari sana,” ucap Edi kepada Topcareer.id, Sabtu (6/6/2020).

“Lombanya terbagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap pengiriman untuk disaring menjadi finalis 50 terbaik; tahap kedua adalah pengumpulan vote top 10 melalui aspirasi publik; dan tahap ketiga dilakukan lewat penjurian langsung oleh juri,” ujarnya.

Kemenangan Edi Dharma sendiri diraih lewat kumulatif dari penggabungan nilai vote sebanyak 30%, dan nilai dari juri sebesar 70%.

Dok. Edi Dharma
Dok. Edi Dharma

Baca juga: Sosok Ani Idrus Tampil Di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?

Edi menjelaskan, ini bukan kali pertama kalinya ia memenangkan kontes internasional. Sebelumnya, pecinta komik Asterix&Obelix, Mahabarata, dan Ramayana ini juga pernah meraih posisi 3 terbaik di ajang International Cartoon Competition & Exhibition Malaysia.

Prestasi ini berlanjut pada Juli 2019 lewat keberhasilannya merebut posisi juara dua di International Olive Cartoon Contest di Cyprus, serta mendapat grand fix (juara utama) dalam International Zagreb Car Cartoon di Kroasia pada Februari 2020.

“Menang yang pertama dan kedua, saya berangkat dan menghadiri acara di negara tersebut, Kalau yang ketiga, saya tidak berangkat karena Corona, jadi diwakilkan ke konsulat RI di sana untuk pengambilan hadiah. Kalau yang keempat, semua hadiah dikirim tanpa acara seremoni,” ujarnya.

Nah, bagaimana, yakin masih mau bermalas-malasan selama Pandemi? Yuk, gunakan waktu di rumah untuk berkarya dan mencetak prestasi.


the authorFeby Ferdian

Leave a Reply