Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Menata Warna dan Feng Shui untuk Kamar Tidur

Ilustrasi. (dok. Decorist)

Topcareer.id – Kualitas tidur yang baik memiliki banyak manfaat seperti mengurangi stres, meningkatkan mood, dan memastikan berkonsentrasi lebih baik. Salah satu hal penunjang tidur yang baik yakni desain kamar tidur.

Sebagai tempat meletakkan kepala setiap malam, kamar tidur adalah tempat yang mudah untuk memulai dalam hal meningkatkan kualitas tidur. Dari skema warna yang menenangkan hingga peran Feng Shui dan simetri, ada beberapa fitur desain untuk mempertimbangkan menciptakan lingkungan kamar tidur untuk tidur yang optimal.

“Kamar tidur adalah tempat yang ideal untuk memulai ketika mempertimbangkan bagaimana meningkatkan lingkungan tidur kita. Kedengarannya sederhana, tetapi tanpa pertimbangan matang, kamar tidur dapat menghambat tidur yang baik,” kata Ahli Tidur dari Tempur dan psikolog Suzy Reading, dalam laman Your Coffee Break.

Baca juga: Pentingnya Tidur Nyenyak di Tengah Pandemi Corona

“Warna yang terlalu kerasa di kamar tidur bisa secara tidak sengaja membuat kita lebih terjaga, sementara gadget memancarkan cahaya biru dan mencegah kita merasa mengantuk menjelang tidur.”

Skema warna

Dalam desain interior, kelompok warna terbagi dalam dua kategori, yakni warna dingin (cool colors) dan warna hangat (warm colors). Untuk tidur malam terbaik, gunakan warna-warna dingin di kamar tidur karena ini membantu tubuh untuk bersantai, siap untuk tidur.

Biru muda, hijau lumut, kuning lembut dan abu-abu kehitaman semuanya bekerja dengan baik. Pilih warna yang memiliki arti bagimu. Jika kamu menyukai hijau, itu akan lebih baik untukmu daripada biru, misalnya.

Warna hangat, di sisi lain, dapat memiliki efek buruk dan telah terbukti meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, meningkatkan kemungkinan kita untuk tetap terjaga. Hindari menggunakan warna merah, ungu, atau warna cerah karena ini mencegah pelepasan melatonin, yang diproduksi tubuh untuk melambat sebelum tidur.

Jika kamu benar-benar ingin menggunakan warna cerah, coba tambahkan sebagai warna aksen saja, bukan satu blok warna yang terlalu kuat. Sertakan warna dalam karya seni atau bantal, misalnya.

Baca juga: Raih Tidur Efektif lewat 8 Kebiasaan Ini

Feng Shui

Feng Shui didasarkan pada prinsip-prinsip menambahkan keseimbangan ke ruang untuk menambah ketenangan. Di kamar tidur, ini berarti menanamkan desain berdasarkan simetri dan memasangkan item bersama.

Misalnya, letakkan dua meja samping di kedua sisi tempat tidur atau pasang sepasang lukisan. Kamu juga bisa menambahkan tanaman pot yang cocok untuk dampak yang lebih besar.

Feng Shui juga berarti menjaga ruang tetap bersih dan bebas dari kekacauan, jadi selektif dengan furnitur dan menjaga kekacauan dan ornamen seminimal mungkin. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply