Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

BPJS Kesehatan Terpilih Jadi Inisiator Studi Lintas Negara

Dok/BPJS Kesehatan

Topcareer.id – Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) membuahkan hasil positif.

Hal ini disampaikan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris saat memimpin Komisi Kesehatan dalam 14th Technical Commission on Medical Care and Sickness Insurance, yang diselenggarakan International Social Security Association (ISSA), Rabu (10/6/2020).

“JKN-KIS berdampak pada peningkatan kohesi sosial dan inklusi sosial karena terdapat penurunan angka ketimpangan masyarakat. Selain itu program ini juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia karena menjadi lebih sehat,” ungkap Fahmi.

“Kondisi ini mendorong peningkatan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi Indonesia jangka panjang.”

Baca juga: Pemerintah Akan Subsidi Iuran Peserta BPJS Kesehatan Kelas III Selama 6 Bulan

Keberhasilan ini menjadikan Indonesia sebagai inisiator bagi negara lain yang akan memulai mengukur hal tersebut melalui pengelolaan program jaminan sosial kesehatan di masing-masing negara.

“Pengelolaan Program JKN-KIS di Indonesia dapat menjadi acuan negara lain terkait pentingnya keberpihakan sebuah negara untuk memberikan jaminan pengaman sosial, termasuk kesehatan,” kata Fahmi.

“Apalagi saat ini, situasi dunia tengah berada dalam status pandemi yang cenderung memporak-porandakan kondisi ekonomi global dan tidak menutup akan memperlebar angka ketimpangan.”

Baca juga: Ini Alasan Pemerintah Kembali Naikkan Iuran BPJS Kesehatan

Selain itu, ISSA sebagai asosiasi lembaga jaminan sosial yang beranggotakan 158 negara di dunia, kembali memilih Fahmi sebagai Ketua Komisi Kesehatan atau Technical Commission on Medical Care and Sickness Insurance ISSA Periode 2020-2022.

“Ini merupakan bentuk kepercayaan internasional terhadap Indonesia. Kami mewakili Indonesia mengucapkan terima kasih kepada ISSA atas hal ini dan akan siap menjalankan tugas-tugas yang akan diberikan,” pungkas Fahmi.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan