Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, August 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Berbuat Kesalahan di Kantor? Ini 5 Cara Mengatasinya

Ilustrasi. Sumber foto: work-scene.comIlustrasi. Sumber foto: work-scene.com

Topcareer.id – Semua orang pasti membuat kesalahan dan itu tidak bisa dihindari. Tetapi memiliki kesalahan di tempat kerja tidaklah selalu mudah.

Melakukan kesalahan di tempat kerja bukanlah sesuatu yang nyaman bagi kebanyakan orang, terutama dalam situasi di mana taruhannya bisa sangat tinggi.

Tentunya naluri pertamamu jika melakukan kesalahan di tempat kerja adalah melindungi dirimu dari konsekuensi negatif. Mengutip Recruiter.com, Selasa (16/6/2020), begini cara menghadapinya.

1.Akui dan Terima tanggung jawab sesegera mungkin
Setiap kesalahan yang kamu buat, sebaiknya kamu mengakuinya terlebih dahulu, lakukanlah dengan cukup cepat sebelum semakin memburuk. Bahkan jika kamu hanya bertanggung jawab untuk 1 persen dari apa yang terjadi, kamu memiliki kewajiban untuk mengurus 1 persen itu sebelum kamu mulai menunjuk yang lain.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Memulai Bisnis

Para peneliti dari Ohio State University mengatakan bahwa pengakuan tanggung jawab adalah elemen terpenting dari permintaan maaf yang efektif. Tidak mengherankan, berkomitmen untuk memperbaiki kerusakan dan memperbaiki apa yang salah datang dengan cepat.

2. Memahami cabang dari kesalahanmu
Beberapa kesalahan menyebabkan efek riak yang memengaruhi rekan kerja, klien, atau orang lain. Jika kesalahanmu itu menciptakan lebih banyak rasa sakit bagi orang lain, kamu perlu memahami dampak kesalahanmu dan berbicara dengan semua orang yang terkena dampak.

Bagian dari kematangan bisnis adalah memahami konsekuensi kesalahan dan secara langsung meminta maaf kepada siapa pun yang terpengaruh.

3. Buat rencana untuk mencegahnya terjadi lagi
Kecuali itu kesalahan satu kali yang tidak mungkin terulang kembali, bagian dari memperbaikinya adalah menciptakan sistem untuk mencegahnya terulang kembali. Komunikasikan dengan pihak-pihak yang terkena dampak apa yang telah kamu tempatkan untuk memastikan hal itu tidak terjadi lagi. Meminta bimbingan mentor dapat menjadi bagian dari proses.

Baca juga: Jangan Lakukan Kesalahan Networking yang Satu Ini

4. Bereskan sebelum gosip menyebar
Simpan masalahmu sendiri dan kendalikan narasinya sebelum tersiar kabar yang menyimpang. Dengan tidak adanya informasi, orang-orang akan menulis cerita versi mereka sendiri. Jadi itu sebabnya penting untuk berada di depan cerita gosip dan tidak berada di belakangnya.

Para ahli juga merekomendasikan untuk meminta pendapat rekan kerja yang tepercaya. Apakah mereka memiliki saran untuk bagaimana kamu dapat bangkit kembali dari kesalahanmu.

5. Lihat kesalahanmu sebagai momen yang bisa dipelajari
Lebih dari mungkin untuk mempelajari sesuatu yang berharga dari kesalahanmu. Banyak wirausahawan memiliki keyakinan kuat akan kegagalan sebagai peluang. Turunkan ego kamu dan perhatikan ke dalam untuk menemukan pelajaran yang dapat diambil dari pengalaman agar bisa terus tumbuh.

Tidak ada yang suka berbuat salah, terutama dalam pandangan penuh dari bos, tetapi memperbaiki hal-hal yang benar dapat membantumu mendapatkan reputasi yang mengarah pada karier yang sukses dan menguntungkan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply