Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, October 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Waspada, Ekstensi Google Chrome Digunakan untuk Mata-matai Kamu

Topcareer.id – Menurut laporan dari Awake Security (perusahaan cybersecurity), ekstensi Google Chrome yang diunduh lebih dari 32 juta kali, digunakan untuk memata-matai pengguna browser, menurut sebuah laporan baru dalam kampanye pengawasan global besar-besaran.

Awake Security menemukan setidaknya 111 ekstensi Chrome “jahat atau palsu” yang mampu mengambil tangkapan layar, mencuri kredensial masuk, dan mengambil kata sandi saat pengguna mengetiknya.

 Kampanye ini berdampak pada berbagai sektor termasuk layanan keuangan, layanan kesehatan dan organisasi pemerintah.

Ekstensi memungkinkan pengguna untuk menambahkan fitur dan kemampuan ke browser mereka, seperti yang baru-baru ini populer yang memungkinkan beberapa laptop untuk melakukan streaming Netflix menunjukkan secara bersamaan dan lainnya dari Google yang memungkinkan pengguna menandai situs web yang mencurigakan.

Baca juga: Tips Hemat Bermedsos selama Pandemi Covid-19

Tetapi laporan baru ini menyoroti potensi ekstensi palsu untuk merusak dan membahayakan berbagai sistem. “Para aktor di balik kegiatan ini telah membentuk pijakan yang gigih di hampir setiap jaringan,” kata para peneliti di Awake, dikutip dari laman CNN.

Google mengonfirmasi bahwa semua ekstensi peramban yang ditandai oleh Awake telah dihapus.

“Kami menghargai kerja komunitas riset, dan ketika kami diberi tahu tentang ekstensi yang melanggar kebijakan kami, kami mengambil tindakan dan menggunakan insiden itu sebagai materi pelatihan untuk meningkatkan analisis otomatis dan manual kami,” kata juru bicara Google Scott Westover dalam. pernyataan yang diberikan kepada CNN Business.

“Kami melakukan pembersihan rutin untuk menemukan ekstensi menggunakan teknik, kode, dan perilaku yang serupa, dan menghapus ekstensi itu jika melanggar kebijakan kami.” *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply