Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

4 Kebiasaan Malam Hari yang Bisa Meningkatkan Performa Kerjamu

Ilustrasi. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Jika ingin menjadi seorang yang berprestasi, kamu sebaiknya terbiasa memikirkan rutinitas pagimu. Tak hanya itu, apa yang kamu lakukan di sore dan malam hari juga bisa berdampak pada kinerjamu.

Tidak ada yang salah dengan happy hour, tetapi jika kamu ingin membawa kinerjamu ke tingkat berikutnya, upaya manajemen energi harus fokus pada gaya hidup serba bisa yang tidak berhenti begitu kamu keluar dari jam kerja.

Ritual berikut akan membantumu mendapatkan tidur yang lebih baik, menghilangkan stres, fokus, dan meningkatkan performa kamu dalam bekerja.

Baca juga: Ini Masalah Kesehatan yang Harus Diwaspadai Pekerja Malam

Memiliki aktivitas penyangga
Latih diri untuk memberi sinyal pada otak dan tubuh bahwa sore hari sepulang kerja adalah waktu untuk bersantai. Memiliki aktivitas penyangga untuk transisi antara kerja dan bermain setibanya di rumah bisa membantumu menghilangkan stres, temukanlah sesuatu yang bekerja efektif membantumu dan pikiranmu lepas sejenak dari pekerjaan.

Meditasi atau yoga
Salah satu tujuan dari ritual malam adalah untuk menurunkan tingkat stres dan mempersiapkan dirimu untuk tidur malam yang nyenyak. Manfaat praktik mindfulness seperti meditasi dan yoga untuk mengurangi kecemasan dan menenangkan sistem saraf dapat dilakukan. Dalam ilmu kuno menyimpulkan bahwa meditasi pada dasarnya dapat mengubah otak menjadi lebih baik. Ada banyak video meditasi atau yoga gratis di YouTube untuk memandu usahamu.

Menyimpan jurnal di samping tempat tidur
Apakah kamu tipe orang yang cenderung mendapatkan ide-ide kreatif saat akan tertidur? Jika demikian, kamu sebaiknya menyimpan jurnal atau buku catatan di samping tempat tidur untuk menuliskan inspirasi apapun ketika mereka muncul sehingga kamu bisa tidur dengan jaminan kamu tidak akan melupakannya esok hari.

Baca juga: Lakukan Ini pada Kaki, Tangan, Gigi dan Kulit Kamu Sebelum Tidur Malam

Membuat jurnal sebelum tidur juga merupakan kebiasaan yang hebat. Ini memungkinkan kamu untuk mengolah harimu dan menjernihkan pikiran dari segala kekhawatiran sembari juga menyiapkan diri kamu untuk sukses di pagi berikutnya.

Waktu berkualitas dengan orang terkasih
Menurut buku Top Five Regrets of the Dying, salah satu penyesalan paling umum yang diungkapkan oleh pasien yang sekarat adalah “Saya berharap saya tidak bekerja begitu keras.” Mengapa? Banyak orang yang berorientasi pada karier sehingga melewatkan perkembangan orang-orang terkasih mereka seperti pasangan dan anak-anaknya.

Menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang terkasih di malam hari memungkinkan kamu terhubung dengan alasan yang lebih bermakna di balik doronganmu untuk meraih prestasi, dan untuk menumbuhkan rasa terima kasih atas hal-hal yang paling penting bagi kamu. Hal ini juga bisa memotivasimu dengan baik untuk menyambut kesibukan kerja esok hari. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply