Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kesalahan Umum Saat Menjalin Networking dan Cara Mengatasinya

Sumber foto: sites.google.com

Topcareer.id – Networking merupakan cara yang bagus untuk membangun koneksi di dalam dan di luar lintas industri, terutama di jaman yang semakin maju dan perkembangan berbagai bidang bisnis semakin pesat.

Tetapi hal ini bisa menjadi rumit. Kamu mungkin mengalami hambatan atau kesalahan yang mungkin kamu tidak sadari ini saat sedang melakukan networking.

Seperti dikutip dari Careereducation.columbia.edu, kamu tidak perlu takut baca terus untuk rekomendasi tentang cara menghindari kesalahan dan menangani situasi ini dengan mudah.

Baca juga: 5 Cara Networking di Masa Pandemi yang Serba Virtual

Merasa canggung untuk networking
Berlatihlah dengan seorang teman atau penasihat karier untuk membangun kenyamanan dengan memperkenalkan diri saat memulai networking, pembicaraan minat, dan cara mengajukan pertanyaan tentang orang lain.

Sebagian besar orang senang membagikan detail tentang sejarah karier mereka sendiri dan apa yang telah mereka pelajari di industri, terutama di acara-acara networking di mana tujuan mereka adalah untuk mengenal orang lain.

Terlalu banyak diam dalam percakapan
Ketenangan dalam bercakap-cakap dengan kolega baru untuk menjalin networking adalah normal, tetapi persiapkan dirimu agar tidak menjadi hening. Buat daftar pertanyaan terbuka dan tinjau sebelum datang ke acara networking.

Siapkan beberapa pertanyaan menarik yang bisa kamu tanyakan ketika mulai ada keheningan. Hindari pertanyaan yang hanya memiliki jawaban “ya” atau “tidak,” karena itu bisa menjadi jalan buntu dalam percakapan.

Baca juga: Jangan Lakukan Kesalahan Networking yang Satu Ini

Tetap berada dalam situasi tidak nyaman
Jika seseorang memberimu tanggapan kurang baik, berperilaku tidak pantas, atau jika kamu merasa tidak nyaman karena alasan apa pun, ucapkan terima kasih kepada kolega tersebut dan tinggalkan percakapan. Kamu tidak perlu tetap berada dalam percakapan atau situasi yang membuatmu tidak nyaman.

Membuang-buang waktu dengan informasi tidak penting
Terkadang, orang yang kamu ajak bicara akan melanjutkan dengan informasi. Jika ini berguna, biarkan orang itu terus berbicara. Jika tidak membantu, fokuskan kembali pada topik pembicaraan. Setelah membiarkan orang tersebut menyelesaikan poinnya, kamu bisa mengatakan bahwa kamu tidak ingin terlalu banyak mengganggu waktu mereka dan kemudian ajukan pertanyaan lain yang kamu ingin mereka jawab.

Meminta pekerjaan
Networking adalah untuk mengembangkan hubungan, bukan untuk mencari pekerjaan. Memang seringkali dapat menemukan pekerjaan baru melalui networking, tetapi hanya setelah kamu mengembangkan dan memperkuat hubunganmu dengan kolega baru tersebut.

Gunakan pertemuan networking untuk mempelajari lebih lanjut tentang orang yang kamu ajak berkenalan dan berbicara. Jika seseorang memberikan kesempatan kepada kamu untukmengajukan pertanyaan atau membahas pekerjaan saat berada di tengah-tengah acara networking, kamu bisa memiliki opsi untuk diwawancarai secara resmi di tempat untuk pekerjaan baru.

Baca juga: Cara Profesional Tingkatkan Skill Networking

Dalam hal ini, barulah kamu pantas untuk mengajukan pertanyaan tentang pekerjaan dan kamu juga bebas bertanya apakah kamu dapat bertemu kembali untuk diwawancarai nanti karena kamu ingin lebih banyak waktu untuk bersiap.

Kegagalan follow up
Buat koneksi kamu tetap segar dan mudah diingat dengan mengirim catatan kecil sesekali. Ini bisa berupa ucapan terima kasih setelah rapat, pembaruan tentang kemajuan kamu berdasarkan saran yang kamu dapatkan dari koneksi, artikel yang relevan tentang berita atau peristiwa industri, catatan ucapan selamat setelah peristiwa besar dalam kehidupan orang itu, dan sebagainya.

Tidak menyimpan catatan penting
Catat kontak penting kolega, percakapan, dan hasil rapat networking. Ini membantu kamu tetap teratur dengan apa yang akan kamu bicarakan dengan koneksi kamu. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply