Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Amazon Kucurkan Rp 28 Triliun untuk Bangun Teknologi Berkelanjutan

Jeff Bezos, bos Amazon. (dok. Business Insider)

Topcareer.id – Amazon mengumumkan pada Selasa (23/6/2020), akan menggelontorkan dana modal ventura hingga USD 2 miliar, atau setara Rp 28,33 triliun, yang akan mendukung perusahaan membangun teknologi berkelanjutan dan menghilangkan emisi karbon.

Climate Pledge Fund akan berinvestasi pada perusahaan-perusahaan di sejumlah industri, termasuk transportasi dan logistik, pembangkit energi, manufaktur, pangan dan pertanian, menurut Amazon.

Perusahaan menambahkan bahwa USD 2 miliar adalah komitmen awal, menandakan bahwa dana tersebut dapat bertambah dari waktu ke waktu.

“Perusahaan dari seluruh dunia, dari segala ukuran dan tahapan akan dipertimbangkan, mulai dari pra-produk hingga perusahaan yang sudah mapan,” kata CEO Amazon, Jeff Bezos dalam sebuah pernyataan, dikutip dari laman CNBC.

“Setiap investasi prospektif akan dinilai berdasarkan potensinya untuk mempercepat jalur menuju nol karbon dan membantu melindungi planet ini untuk generasi mendatang.”

Dana tersebut adalah bagian dari “ikrar Iklim” Amazon, yang pertama kali diluncurkan oleh Bezos September lalu. Sebagai bagian dari rencana, Amazon telah berkomitmen untuk menjadi netral karbon pada tahun 2040.

Baca juga: Amazon Punya Alat Canggih Pendeteksi Jarak Sosial untuk Karyawan

Amazon berjanji untuk memenuhi tujuan dari perjanjian iklim Paris pada tahun 2040, satu dekade di depan tujuan kesepakatan Paris. Presiden Donald Trump menarik AS dari perjanjian iklim Paris pada 2017.

Pada Selasa, Amazon juga mengumumkan akan beroperasi sepenuhnya pada energi bersih pada tahun 2025, yang lima tahun lebih awal dari target yang awalnya dinyatakan dalam Ikrar Iklim.

Amazon menghadapi tekanan yang meningkat dari karyawan untuk mengatasi dampak lingkungannya. Pada pertemuan pemegang saham tahunan Amazon pada Mei 2019, ribuan karyawan mengajukan proposal yang meminta Bezos untuk mengembangkan rencana perubahan iklim yang komprehensif dan mengurangi jejak karbonnya.

Sejak itu, Amazon telah melakukan beberapa langkah untuk memajukan tujuannya mengandalkan energi terbarukan. Sebagai bagian dari Ikrar Iklim, Amazon setuju untuk membeli 100.000 van pengiriman listrik dari produsen kendaraan Rivian, setelah menginvestasikan USD 440 juta di perusahaan.

Baca juga: Amazon Kembangkan Alat Tes Virus Corona Sendiri untuk Karyawan

Pada bulan April, Amazon menginvestasikan USD 10 juta untuk membantu melestarikan atau memulihkan hutan di Amerika Serikat timur laut. Selain itu, Bezos pada bulan Februari menjanjikan USD 10 miliar untuk meluncurkan Dana Bumi baru, guna memerangi perubahan iklim.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply