Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

6 Perubahan Kecil di Rumah yang bisa Tingkatkan Produktivitas

Topcareer.id – Sebagian besar dari kita saat ini kerja dari rumah, Kondisi ini memberi kita banyak ketidaknyamanan untuk dihadapi.

Mudah memang membuat rutinitas kerja saat bekerja di rumah, salah satunya dengan mengubah keadaan rumah atau ruangan sehingga lebih mendukung kerja yang lebih produktif dan proaktif.

Dikutip dari laman The Ladders, berikut beberapa tips yang dapat membantu mencampur-adukkan sedikit hal, untuk mengubah tatanan ruanganmu. Meski sederhana, tapi bisa berpengaruh.

1. Atur kembali ruangmu

Tidak ada waktu yang lebih baik daripada saat ini untuk mendekor ulang. Ruang kerja yang berantakan tidak pernah baik, jadi jaga agar semuanya teratur. Sesuatu yang sederhana seperti notes berwarna cerah dan kacamata hitam yang funky di meja dapat mencerahkan suasana hatimu. Menambahkan beberapa foto musim panas liburan terakhir juga akan memicu otak untuk memikirkan hari yang cerah.

2. Menggantung lukisan menginspirasi

Kamu bisa mencarinya mungkin di e-commerce terkemuka untuk lukisan dinding yang membuatmu lebih lebih cerah.  Penelitian telah menunjukkan bahwa seni dinding di ruang kantor dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan karyawan secara keseluruhan.

3. Cahaya alami

Jika kamu memiliki cahaya alami, manfaatkan. Vitamin D di bawah sinar matahari sangat penting untuk kesehatan mental kita. Efeknya terbukti pada pengaturan suasana hati dan mampu menangkal depresi.

Mendapatkan cahaya di ruangan kerja akan membuat pikiran menjadi lebih baik. Jikakamu berada di ruang tanpa jendela, gantung cermin untuk menciptakan kedalaman. Ini akan berlaku seperti jendela, untuk memantulkan lebih banyak cahaya ke dalam ruangan.

4. Perlu kreatif dan fokus dengan beberapa aroma

Penciuman terhubung ke bagian otak kita yang memroses emosi, maka ketika kamu mencium sesuatu, secara otomatis hal itu akan membawamu ke suatu tempat atau mengingatkanmu pada seseorang. Diffuser minyak esensial atau lilin dapat mengatur suasana hati dengan baik, pun untuk produktivitas.

Rosemary dapat meningkatkan daya ingat, serta melawan kelelahan. Peppermint dikenal memberi energi dan meningkatkan konsentrasi, dan aroma jeruk seperti lemon, dapat menenangkan kecemasan serta memicu kreativitas.

5. Tambahkan yang “hijau-hijau”

Menambahkan satu atau dua tanaman ke ruang kerja tidak hanya menyenangkan secara visual, tetapi juga membawa kesegaran dengan mengoksigenasi udara di sekitarnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki pabrik di kantor dapat meningkatkan produktivitas hingga 15%.

6. Buat dinding aksen

Warna memiliki efek mendalam pada suasana hati kita, meskipun kita tidak menyadarinya. Biru adalah warna dinding aksen yang populer untuk ruang kerja, serta mampu merangsang pikiran dan meningkatkan fokus.

Jika kamu tidak bisa mengecat seluruh dinding, coba versi DIY yang juga reversibel. Ambil papan MDF besar dan cat, lalu gantung di dinding seperti yang kamu lakukan untuk lukisan. Kamu juga dapat menggantung tirai berwarna, atau membingkai potongan kain besar untuk menciptakan efek serupa.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply