Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, July 3, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

8.165 kg Jamur Enoki Asal Korea Selatan Dimusnahkan Pemerintah

Jamur enoki. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Kementerian Pertanian (Kementan) telah memerintahkan penarikan dan penghancuran produk jamur enoki dari perusahaan Korea Selatan, Green Co Ltd, setelah penyelidikan resmi menemukan sampel yang mengandung bakteri yang menyebabkan listeriosis.

Wabah listeria baru-baru ini terjadi di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia karena konsumsi jamur enoki dari Korea Selatan, yang diketahui para pejabat kesehatan dan keamanan makanan telah terkontaminasi oleh Listeria monocytogenes.

Jaringan Otoritas Keamanan Pangan Internasional (INFOSAN), sebuah jaringan keamanan pangan di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Organisasi Kesehatan Dunia, memberi tahu pejabat Indonesia tentang wabah pada bulan April lalu, yang pada akhirnya mengarah ke Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (BKP) untuk memerintahkan penarikan tersebut dan penghancuran jamur enoki yang dipasok oleh Green Co. Ltd.

Baca juga: Kalbe Olah Jamur Cordyceps Sebagai Proteksi Awal Terhadap Covid-19

Perusahaan yang sama telah ditelusuri kembali sebagai sumber kemungkinan wabah di AS juga, yang menyebabkan kematian empat orang.

Di Indonesia memang belum ditemukan kasus yang sampei menagkibatkan kematian, namun Kementan telah memerintahkan kepada importir untuk melakukan penarikan dan pemusnahan produk jamur enoki dari Green Co Ltd, Korea Selatan. Sesuai dengan Surat Kepala BKP kepada Direktur PT. Green Box Fresh Vegetables nomor B-259/KN.230/J/05/2020 tanggal 18 Mei 2020 hal penarikan produk.

Pemusnahan jamur enoki yang ditarik telah dilakukan dalam dua tahap yaitu pada tanggal 22 Mei 2020 dan 19 Juni 2020 di PT. siklus Mutiara Nusantara, Bekasi, yang dihadiri oleh perwakilan dari pelaku usaha dan BKP, sejumlah 1.633 karton dengan berat 8.165 kg.

Selain itu, Kementan meminta Badan Karantina Pertanian untuk meningkatkan pemantauan mereka dan melakukan penyelidikan lebih lanjut sebagai tindakan pencegahan pada jamur enoki asal Korea Selatan melalui surat Kepala BKP Nomor B-261/KN.230/J/05/2020.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Bahaya Menuang Makanan Panas di Wadah Plastik

Para importir juga diminta untuk menerapkan langkah-langkah sanitasi untuk menghindari kontaminasi silang, melakukan tes laboratorium jika diperlukan, serta mendaftarkan produk mereka ke Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Pusat (OKKPP).

Hasil lab dari penyelidikan resmi di Indonesia menemukan bahwa jamur enoki dari Green Co Ltd. memang mengandung Listeria monocytogenes, spesies bakteri patogen yang menyebabkan listeriosis.

Meskipun dikatakan tersebar luas di lingkungan pertanian, bakteri ini biasanya ditemukan dalam susu cair mentah atau pasteurisasi, daging mentah, dan sayuran mentah. Bakteri dapat tumbuh pada suhu dingin serendah 0 derajat celcius, oleh karena itu memiliki potensi kontaminasi silang terhadap bahan makanan lain yang disimpan bersama dengan yang terkontaminasi.

Listeriosis, infeksi yang disebabkan oleh bakteri, dapat berpotensi fatal bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, wanita hamil, dan orang yang berusia di atas 65 tahun. Beberapa gejala umum infeksi bakteri termasuk demam, pusing, sakit otot, dan diare. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply