Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Nyeri Akibat Tidur Terganggu

Ilustrasi (Dok. New York Post)

Topcareer.id – Berbahagialah mereka yang bisa tidur nyaman tanpa gangguan. Sebaliknya, mereka yang sering mengalami gangguan tidur, seperti insomnia, rentan terkena nyeri.

Itulah penelitian terbaru Dr. Michael T. Smith dan kawan-kawan dari Johns Hopkins University, Baltimore, Amerika Serikat.

Seperti dipublikasikan dalam jurnal Sleep, penelitian itu melibatkan 32 wanita sehat. Kualitas tidur mereka dipantau dalam sepekan. Hasilnya, mereka yang mengalami gangguan tidur lebih dari tiga hari menunjukkan adanya perubahan persepsi tentang nyeri.

Kemampuan tubuh mencegah tanda-tanda munculnya nyeri merosot. Buntutnya, mereka sering terserang nyeri tiba-tiba, terutama nyeri punggung dan kram perut.

Baca juga: 5 Nyeri di Kaki yang Tak Boleh Diabaikan

Hasil berbeda dialami responden yang tidur nyenyak, meski cuma beberapa jam dalam semalam. Persepsi mereka tentang nyeri tidak berubah, begitu juga kemampuan tubuh dalam menghadapi tanda-tanda nyeri.

“Bolak-balik terbangun dari tidur mempengaruhi bagian otak yang memproses rasa nyeri,” kata Smith, seperti dilansir Reuters Health. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply