Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, July 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

NASA Bikin Lomba Desain Toilet untuk di Bulan, Hadiahnya Ratusan Juta

Sumber foto: telanganatoday.com

Topcareer.id – National Aeronautics and Space Administration (NASA) adakan lomba. Bagi kamu yang bisa membantu mendesain toilet yang bisa digunakan di bulan, maka akan mendapat hadiah USD 35.000 atau sekitar Rp 502 juta.

Badan antariksa telah menetapkan tujuan ambisius untuk mengirim astronot kembali ke bulan pada tahun 2024 dan para kru jelas harus pergi ke kamar mandi selama misi.

NASA mungkin akan mengadaptasi desain toilet untuk pendaratan bulan Artemis miliknya, sehingga bisa bekerja baik dalam gaya berat mikro ruang, “nol-g,” dan juga di bulan tentunya, di mana gravitasi adalah sekitar seperenam dari apa yang kita rasakan di Bumi.

Desain toilet itu akan sesuai dengan pedoman desain yang diposting oleh NASA dan HeroX, yang memungkinkan siapapun untuk menciptakan tantangan memecahkan masalah yang dihadapi dunia.

Nantinya, misi ini akan mencakup astronot wanita pertama yang melakukan perjalanan ke bulan, sehingga toilet harus dapat mengakomodasi pria dan wanita.

Baca juga: NASA dan ISS Beri Pelatihan Virtual untuk Anak-Anak Di Rumah

Dikutip dari CNN, desain toilet juga harus menghemat air dan membantu menjaga lingkungan yang bersih, yang bebas dari bau dan kontaminan lainnya.

“Poin bonus akan diberikan pada desain yang dapat menangkap muntah tanpa mengharuskan anggota kru untuk meletakkan kepalanya di toilet,” kata pedoman itu.

Desain toilet itu juga harus dapat mendukung awak dua astronot selama 14 hari, dan memungkinkan untuk melakukan transfer limbah yang nantinya dikumpulkan ke penyimpanan atau untuk pembuangan di luar kendaraan.

Toilet harus mudah dibersihkan dan dirawat, serta harus memiliki waktu penyelesaian lima menit atau kurang. Itu juga perlu menggunakan daya kurang dari 70 watt, dan membuat lebih sedikit kebisingan dari kipas kamar mandi rata-rata.

Baca juga: Mantap! Bank Ini Ampuni Semua Hutang Nasabahnya yang Terdampak Pandemi

Ruang angkasa juga memberikan tantangan tersendiri. Toilet nantinya harus memiliki berat kurang dari 33 pound di Bumi, dan volumenya kurang dari 0,12 meter kubik. Sebagai gambaran, sebuah toilet di International Space Station hanya seukuran lemari kecil.

Hadiah utama dari kompetisi ini adalah USD 20.000 (sekitar Rp 287 juta). Pemenang tempat kedua dan ketiga akan mendapatkan USD 10.000 (sekitar Rp 143,5 juta) dan USD 5.000 (sekitar Rp 71,7 juta).

Batas waktu pengiriman desain adalah 17 Agustus, dan pemenang akan diumumkan pada bulan Oktober.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply