13. Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) MSDM
Unit ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja dalam menyusun SOP untuk penerapan MSDM yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
14. Mengevaluasi Efektivitas Standar Operasional Prosedur (SOP) MSDM
Kompetensi ini mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam mengevaluasi efektivitas penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) fungsi MSDM.
15. Mengelola Proses Perubahan (Change Management)
Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam mengelola proses perubahan di organisasi guna tercapainya Visi dan Misi organisasi.
Baca juga: Negosiasikan 7 Hal Ini dengan HRD Sebelum Terima Kerja
16. Mengelola Proses Pengembangan Budaya Organisasi
Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yangdibutuhkan dalam mengelola proses pengembangan budaya organisasi sesuai dengan budaya organisasi yang telah ditetapkan.
17. Melakukan Proses Rekrutmen
Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan proses rekrutmen SDM untuk posisi yang akan diisi.
18. Melakukan Proses Seleksi
Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melaksanakan tahapan seleksi untuk memilih SDM yang tepat untuk bergabung di organisasi.
19. Menyusun Rekomendasi Hasil Seleksi
Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam menyusun rekomendasi kandidat hasil seleksi yang akan dipekerjakan di organisasi.
20. Melakukan Penawaran Kerja Kepada Calon Pekerja
Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan penawaran kerja kepada calon pekerja yang telah lolos dan mendapatkan persetujuan lini pada proses seleksi. *
Bersambung ke bagian ketiga.