Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Agustus 11, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

3 Mitos Kehamilan yang Wajib Diluruskan

Sumber foto: Healthline.com

Bisa menyingkirkan rasa sakit menstruasi di masa depan

Ini adalah mitos yang menyenangkan untuk didengar. Tapi sayangnya, kenyataannuya tidak sesederhana itu. Sebuah penelitian terhadap wanita di atas usia 40 tahun menemukan bahwa rasa sakit akibat menstruasi berkurang dari waktu ke waktu, padahal tidak satupun dari mereka yang memiliki anak.

Untuk mencoba memastikan apa yang terjadi, tim peneliti yang sama mengikuti lebih dari 3.500 wanita selama delapan tahun. Selama waktu itu, beberapa dari mereka memiliki anak, dan merasa nyeri haid mereka berkurang setelah mereka melahirkan.

Tetapi, itu tidak berlaku untuk semua orang. Dari mereka yang melakukan operasi caesar, 51% masih tidak puas dengan tingkat nyeri haid setelahnya. Sementara itu, 35% dari ibu hamil yang melahirkan secara normal, masih mengalami nyeri haid. Panjang kehamilan juga ternyata membuat perbedaan, dengan 77% ibu dari bayi prematur masih mengalami rasa sakit.

Jadi, persalinan memang membantu beberapa wanita dengan nyeri haid, tetapi sayangnya tidak semuanya. Para peneliti berspekulasi bahwa melahirkan secara normal mungkin lebih efektif untuk mengurangi rasa sakit di kemudian hari. Ini terjadi karena cedera dasar panggul dapat merusak saraf yang menghubungkan rahim dengan batang otak, sehingga rasa sakitnya tidak lagi dapat dirasakan.

Para penulis juga menyarankan kepada mereka yang masih mengalami nyeri haid, bahkan setelah melahirkan secara normal, mungkin memiliki kondisi tertentu, seperti endometriosis.

Selain itu, studi asosiasi genome-wide pertama, yang dilakukan pada tahun 2016, menunjukkan faktor lain yang berkontribusi terhadap keparahan nyeri periode. Jika nyeri haid yang kamu rasakan terasa buruk, sebagiannya mungkin tergantung pada gen yang kamu miliki.

Editor: Feby Ferdian

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan