Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Jika Kamu Suka Genre Film Ini, Kamu Lebih ‘Kuat’ Saat Hadapi Pandemi

Salah satu adegan di film DanurFoto Ilustrasi Film Horor. Salah satu adegan di film Danur

Topcareer.id – Di saat pandemi, menikmati film atau acara televisi jadi salah satu hiburan yang paling digemari banyak orang. Genre apa yang paling kamu suka? Jika kamu menyukai film horor dan acara TV yang menyeramkan, kamu mungkin menangani pandemi lebih baik daripada yang lain.

Mereka penggemar film yang suka film zombie mengerikan dan cerita horor lainnya telah menunjukkan kesiapan yang lebih baik untuk “ketahanan psikologis” terhadap pandemi Covid-19, menurut sebuah studi baru.

Coltan Scrivner, seorang psikolog dari University of Chicago, menerbitkan sebuah artikel akses terbuka dalam edisi mendatang dari jurnal ESIC di mana ia mengeksplorasi bagaimana film seperti “Contagion” dapat membantu pemirsa yang telah menonton film itu sebelumnya untuk mempersiapkan diri lebih baik saat pandemi.

Baca Juga: Alasan Industri Game Lebih Untung daripada Industri Musik dan Film

Studi ini menentukan bahwa penonton bioskop film horor mampu beradaptasi lebih baik dengan kesempatan aneh atau kebiasaan perilaku yang ditunjukkan selama pandemi seperti panic buying, obat palsu, dan membantu orang lain.

“Jika itu film yang bagus, maka membuatmu tertarik dan kamu akan mengambil perspektif karakter, sehingga kamu tidak sengaja berlatih skenario,” kata Scrivner kepada Guardian, seperti dikutip dari laman The Ladders.

“Kami pikir orang belajar menjadi perwakilan. Sepertinya, dengan pengecualian kekurangan kertas toilet, mereka cukup tahu apa yang harus dibeli. “

Para peneliti bertanya kepada 310 peserta tentang pengalaman mereka menonton dan ceritanya. Mereka juga menanyai mereka tentang bagaimana perasaan mereka menuju pandemi dengan mengukur pengalaman mereka dari kecemasan, depresi, lekas marah dan sulit tidur.

Bagi mereka yang menikmati horor, mereka didapati tidak terlalu kecewa dengan krisis daripada mayoritas peserta. Pemirsa yang menikmati “prepper movie” – di mana struktur masyarakat runtuh atau gagal, memiliki persiapan mental dan praktis yang lebih baik.

Baca Juga: Erica, Robot yang Dilatih Akting untuk Peran Utama dalam Film Bernilai USD70 Juta

Scrivner mengatakan itu karena pemirsa terpapar sebelumnya, sehingga tidak membuatmu lengah begitu banyak.

Mathias Clasen, seorang psikolog di Aarhus University di Denmark dan rekan penulis studi tersebut, mengatakan film mempersiapkan kita dengan cara yang juga dapat dilakukan oleh imajinasi kita.

“Kemampuan kita untuk secara imajinatif menghuni dunia virtual, dunia buatan kita sendiri, serta yang disampaikan oleh film dan buku, adalah hadiah dari seleksi alam; sedikit mesin biologis yang berkembang karena memberi nenek moyang kita keunggulan dalam perjuangan untuk bertahan hidup,” kata Clasen.**(RW)

Leave a Reply