Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Penghargaan Upakarti Akan Kembali Digelar, Ini Cara Daftarnya

Topcareer.id – Untuk mengapresiasi pihak-pihak yang berjasa dalam pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM), Kementerian Perindustrian kembali akan menyelenggarakan Penghargaan Upakarti pada 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan dua tahun sekali ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam pemberdayaan IKM, sekaligus mendorong lembaga, organisasi, masyarakat, dan dunia usaha agar terus berpartisipasi menumbuhkan dan meningkatkan daya saing IKM nasional.

“Jadi, penghargaan di bidang perindustrian ini akan diberikan kepada pihak yang berprestasi, berjasa dan aktif melakukan pembangunan atau pemberdayaan sektor IKM di dalam negeri,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Gati Wibawanigsih di Jakarta, Senin (6/7/2020).

Baca juga: Program Pengembangan Desa Milik Pertamina Raih Penghargaan Internasional

Kategori Upakarti 2020

Penghargaan Upakarti sendiri terbagi dalam dua kategori, yaitu Jasa Pengabdian dan Jasa Kepeloporan.

Jasa Pengabdian yang diberikan kepada orang-perseorangan warga negara Indonesia atau lembaga atau organisasi berkedudukan di Indonesia yang tugas dan fungsinya tidak melakukan pembangunan dan pemberdayaan terhadap IKM.

Sementara Jasa Kepeloporan, diberikan kepada perusahaan berskala menengah atau besar yang berkedudukan di Indonesia, yang telah melakukan pembangunan dan pemberdayaan IKM melalui pengembangan, penguatan secara keterkaitan, dan hubungan kemitraan dengan prinsip saling menguntungkan.

Baca juga: Kartunis Edi Dharma, 4 Kali Raih Penghargaan Internasional

Cara mendaftar Upakarti 2020

Pendaftaran calon penerima Upakarti akan dibuka sampai dengan tanggal 11 Agustus 2020. Adapun informasi, persyaratan, dan tata cara pengusulan calonnya, dapat dilihat melalui link http://upakarti.kemenperin.go.id.

Gati menjelaskan, usulan dapat disampaikan secara online pada website tersebut, sesuai tahapan-tahapan yang sudah ditentukan, dan dinilai oleh juri-juri yang berkompeten di bidangnya.

“Tujuannya agar benar-benar yang terbaik dan memberikan kontribusi nyata bagi IKM lah yang menerima penghargaan,” ujar Gati.

Baca juga: Dua Sineas Muda Indonesia Sabet Penghargaan Huawei Film Awards Asia Pasifik

Nantinya, penerima Penghargaan Upakarti akan ditetapkan oleh Menteri Perindustrian. Penyerahan Penghargaan Upakarti Tahun 2020 rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

“Namun bila tidak dimungkinkan, dapat diwakilkan,” jelasnya.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply