Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Bekerja di Luar Negeri? Pastikan itu Cita-Citamu Sendiri, Bukan Orang Lain

Topcareer.id – Tanpa di ragukan lagi bekerja di luar negeri dapat memperkaya pengalaman dan pengetahuan kamu. Sekarang banyak sekali orang Indonesia yang mencoba berkarier di negara asing untuk menggapai cita-cita mereka.

Bukan hal yang mudah saat kamu bekerja di luar negeri, jika kamu ingin bekerja di luar negeri, sebaiknya persiapkan diri sejak sekarang.

Dalam Webinar Working Globally, Sabtu 27 Juni 2020 by Geospatial Creative Institute Webinar Insight Talk, dengan salah satu narasumber M. Fahru Reza Hakim yang bekerja sebagai Surveyor at National Marine Dreging Company di Dubai menyampaikan hal paling mendasar untuk bekerja di luar negeri.

Baca Juga: 3 Hal Penting untuk Diperhatikan Jika Ingin Bekerja di Luar Negeri

“Sebelum kerja di luar negeri, kamu harus memiliki cita-citamu sendiri, karena itu berat, jangan bekerja di luar negeri atas cita-cita orang lain.” Kata Fahru. “Setelah punya cita-cita sendiri, pastikan juga itu passion kamu sendiri. Jika kedua hal itu sudah mantap, buatlah wishlist apa saja yang akan kamu lakukan, lalu realisasikan cita-cita tersebut. Butuh perjuangan keras dan daya tahan.” Tambahnya.

Untuk bisa diterima bekerja di luar negeri memang susah-susah gampang, setelah kamu lakukan persiapan semuanya, agar kesempatanmu direkrut untuk bekerja di luar negeri meningkat. Banyak perusahaan di luar negeri yang memiliki hidden job market atau lapangan kerja yang tersembunyi, yang artinya sebetulnya di luar negeri juga sangat banyak lowongan namun dirahasiakan oleh perusahaan dan mereka merekrut akan orang dalam.

Baca Juga: Ini Tantangan WNI di Luar Negeri Kembali Bekerja di Indonesia

Lakukanlah hal yang bisa membuatmu mendapat pekerjaan di luar negeri contohnya mengubah caramu dalam berjejaring. Gunakan media sosial untuk membantumu dengan join pada grup pekerja profesional, rajin menghadiri konferensi tentang bekerja di luar negeri, gunakan linkedin untuk memperkuat jaringan dan jalin hubungan baik dari kolega baru saat kamu temui dalam konfernsi atau acara networking terutama yang sudah bekerja di luar negeri.

Dari semua itu ada lagi yang jauh lebih penting dan lebih meningkatkan kemungkinan kamu unutk bisa bekerja di luar negeri yaitu surat rekomendasi kerja di luar negeri. Siapkan juga dokumen-dokumen lain sebagai pendukungnya seperti:

  • Paspor minimal 6 bulan sebelum berakhir sebelum keberangkatan
  • Sertifikat pengalaman
  • Sertifikat pendidikan yang tekah dibuktikan oleh kedutaan
  • Visa kerja
  • Tes medis yang direkomendasikan oleh kedutaan
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply