Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

5 Hal Penting Jadi Pemenang di Tempat Kerja yang Kompetitif

Topcareer.id – Dunia bisnis saat ini merupakan tempat yang sarat akan standarisasi. Wajar apabila lingkungan kerja menjadi sangat kompetitif karena orang-orang di dalamnya dituntut untuk mencapai standar tertentu.

Tingkat kompetisi di tempat kerja jauh lebih tinggi jika kamu bekerja di luar negeri. Seorang pekerja asal Indonesia yang berkarier di luar negeri M. Fahru Reza Hakim yang bekerja sebagai Hydrographic Surveyor at National Marine Dreging Company di Dubai Uni Emirat Arab berbagi pengalamannya.

Menurutnya bekerja di luar negeri apalagi di negara maju dengan perkembangan yang super cepat seperti di Dubai sangat penting untuk mengupgrade kualitas diri agar lebih kompetitif.

Baca Juga: 3 Hal Penting untuk Diperhatikan Jika Ingin Bekerja di Luar Negeri

Selain kompetitif, masing-masing individu juga harus memiliki spesialisasi sebagai nilai tambah. Pada Webinar tentang Working Globally, Sabtu 27 Juni 2020 yang diselenggarakan oleh Geospatial Creative Institute Webinar Insight Talk, Fahru menjelaskan bagaimana untuk menjadi kompetitif dan memiliki spesialisasi, karena mau tak mau bekerja di luar negeri harus bisa beradaptasi untuk mengikuti ritme kerjanya dan harus bisa membuktikan diri bahwa kamu bisa menonjol di antara para rekan kerja yang begitu kompetitif.

Hal yang harus dilakukan agar menjadi kompetitif:

Going the extra mile (Memberi lebih dari yang diharapkan)

Di tempat kerja yang kompetitif, jika kamu hanya melakukan pekerjaan yang sama dengan rekan kerja lain, kemungkinan besar kamu bisa “terbuang”. Jadi mulai sekarang apapun pekerjaan yang diberikan cobalah untuk mengerjakannya dengan memberikan lebih dari yang diminta perusahaan.

Innovative

Sikap inovatif sangat penting bagi perkembangan diri apalagi di tempat kerja yang kompetitif. Karena dengan inovatif kamu bisa terus menantang diri untuk think out of the box dan menghasilkan sesuatu yang kreatif serta bernilai.

Memutus rantai masalah berulang

Bekerja di luar negeri tak hanya cukup memberi kontribusi ekstra dan super kreatif, selain itu kamu juga harus berani melakukan sesuatu yang baru untuk memutus rantai masalah yang berulang. Masalah memang selalu ada, namun jangan sampai masalah yang ada merupakan pengulangan masalah yang sebelumnya. Kamu harus bisa memastikan masalah yang berulang tak terjadi lagi.

Jeli mengambil kesempatan

Lingkungan kerja yang kompetitif bisa membuatmu sulit terlihat untuk bisa dipilih maju ke level berikutnya. Dalam hal ini saat bekerja di luar negeri kamu harus lebih jeli dalam memanfaatkan kesempatan. Yang paling penting pastikan diri kamu selalu stand out di hadapan pengawas dan pengambil keputusan. Dengan begini, kamu bisa lebih mudah dikenal oleh sesama rekan kerja dan atasan. jadi performa saja tidak cukup. Kuncinya kamu berani mengambil inisiatif dan memanfaatkan kesempatan.

Konsisten

Salah satu hal penting lainnya yang harus kamu lakukan untuk bertahan di tempat kerja di luar negeri kamu harus konsisten terutama konsisten untuk terus update skillset kamu. Di zaman yang segalanya berubah dengan cepat, kamu dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan setiap perubahan pada perusahaan.

Selain harus kompetitif jika bekerja di luar negeri, menurut Fahru kamu juga harus memiliki spesialisasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Spesialisasi tak hanya wajib dimiliki yang sudah bekerja di luar negeri, bagi yang masih baru mencoba langkahnya untuk bisa bekerja di luar negeri juga wajib memiliki spesialisasi, karena pesialisasi karier dapat meningkatkan daya tarik kandidat dengan cepat.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply