Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, August 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Peran HR Tech untuk Otomasi Pengelolaan Karyawan di Perusahaan

Topcareer.id – Karyawan dan perusahaan sudah harus mempersiapkan diri untuk penerapan kondisi new normal akibat pandemi COVID-19. Ada beberapa skenario yang perlu disiapkan saat kegiatan bisnis kembali beroperasi.

Memaksimalkan peran Human Resource Information System (HRIS) adalah salah satu yang bisa dilakukan perusahaan guna menyambut new normal terutama untuk pengelolaan karyawan. Nah, bagaimana peran HRIS bagi perusahaan saat menyambut new normal?

Berikut ini ulasan dari Webinar Insight Talenta dengan topik “Leveraging HR Tech to Recruit, Train and Manage People During New Normal” pada Sabtu, 4 Juli 2020.

Baca Juga: Apa Itu HRD Ghosting? Dan Mengapa Kamu Bisa Mengalaminya

Prinsip utama dari new normal adalah menyesuaikan diri dengan pola hidup yang baru. Pola hidup baru yang dimaksud adalah dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain, menghindari kerumunan, serta bekerja, maupun bersekolah dari rumah.

Secara sosial hal ini pasti berpengaruh terhadap perusahaan. Karena adanya aturan yang disebutkan dalam protokol kesehatan untuk menjaga jarak sosial dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

Human Resources Information System

Human Resources Information System atau HRIS adalah sistem berupa satu kesatuan tersendiri atau dapat tergabung dalam suatu sistem yang lebih besar dalam enterprise resource planning. Di dalam HRIS, manajer HR dapat mengelola dan mengakses informasi tentang kebutuhan SDM, sistem penggajian, data pegawai, kinerja pegawai, informasi terkait payroll hingga kebijakan dan prosedur perusahaan.

HRIS juga didukung oleh aplikasi atau software untuk otomasi digital sebagai panduan dari karyawan terhadap informasi yang ada di perusahaan.

Baca Juga: Lakukan Ini Jika Kamu Alami HRD Ghosting

Pada masa new normal, HRIS jelas dibutuhkan oleh semua jenis perusahaan, dengan adanya sistem ini perusahaan akan lebih mudah untuk berbagi informasi yang menunjang performa dari perusahaan dan mencakup beberapa fungsi seperti database, rekrutmen, training, Human Resources Reporting, dan management.

“Kita mementingkan mobile first. Ke depannya mungkin akan banyak orang yang akan semakin mobile, HRIS bisa membantu untuk teknologi automation.”kata Vice President Product Mekari, Aviandri Hidayat.

Manfaat HRIS —————–>>> baca selengkapnya dihalaman selanjutnya

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply