Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Inggris Siapkan Drone untuk Antar Pasokan Medis

Sumber foto: aljazeera.com

Topcareer.id – Pemerintah Inggris belum lama ini mengumumkan penggunaan Drone untuk membawa pasokan medis dari Hampshire ke Isle of Wight.

Menurut Grant Shapps, sekretaris negara untuk transportasi, uji coba terencana dari teknologi itu akan segera dimulai.

Pada bulan Maret lalu, pemerintah mengumumkan dana untuk tes drone dan sistem kontrol lalu lintas udara baru.

Shapps mengatakan, ada “kebutuhan mendesak” agar bisa dimulai lebih cepat dari yang direncanakan. Salah satu contohnya adalah penyeberangan menggunakan kapal feri ke Isle of Wight yang telah berkurang karena penyebaran virus corona.

Shapps memperkirakan, kendaraan udara tak berawak (UAV) dapat menyeberang ke Isle of Wight dalam waktu sekitar 10 menit. Pemerintah pun mengharapkan sekitar empat penerbangan per hari akan dibuat, tergantung pada kebutuhan National Health Service (NHS) Inggris.

Baca juga: Mengenal Kompetisi Drone Racing League yang Kian Populer

Seorang juru bicara mengatakan kepada bahwa penerbangan pertama akan membawa APD. Namun, di masa depan, pesawat tak berawak itu dapat mengirimkan persediaan lain yang tak kalah penting, seperti darah dan organ tubuh.

Uji coba akan dilakukan menggunakan Windracers Ultra drone bersayap tetap, dengan bahan bakar bensin. Drone ini mampu membawa 100 kg hingga sejauh 1.000 km (621 mil). Namun, pada awalnya drone tidak akan membawa muatan maksimum.

Departemen Transportasi mengatakan, pesawat tak berawak itu akan terbang secara mandiri di sepanjang rute tetap antara Lee-on-the-Solent di Hampshire dan Binstead di Isle of Wight.

Baca juga: Ini Fitur Drone Korlantas Polri untuk Tangani Wabah Corona

Dua safety pilot di setiap lapangan terbang nantinya akan mengawasi setiap penerbangan. Namun, rute tersebut belum disetujui oleh Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) dan uji coba tidak dapat dimulai tanpa izin.

Seorang juru bicara mengatakan kepada BBC bahwa penerbangan akan memakan waktu sekitar 10 menit, yang secara signifikan mengurangi waktu pengiriman antara Isle of Wight dan daratan.

Setelah barang diturunkan di lapangan terbang, barang-barang itu akan dikirim ke rumah sakit St. Mary di Isle of Wight melalui jalan darat.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply