Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Cara Menyenangkan Tingkatkan Kecerdasan

Dok. CNBC

Topcareer.id – Kecerdasan seseorang tidak statis. Kecerdasan bisa diasah dalam banyak cara yang bisa menstimulasi kemampuan kognitif setiap hari. Tapi, nyatanya menemukan cara untuk lebih cerdas ada tantangan tersendiri di tengah pekerjaan menumpuk dan beragam tuntutan hidup.

Menemukan cara unik dan kreatif untuk meningkatkan kecerdasanmu, seperti hal-hal yang dapat kamu gabungkan dengan mudah ke dalam rutinitas dan bahkan menikmatinya, bisa menjadi solusi. Berikut adalah enam cara unik untuk meningkatkan kecerdasan, seperti dalam laman The Ladders.

1. Naikkan cardiomu

Jika kamu membutuhkan alasan lain untuk berolahraga, ini dia. Tetapi cobalah untuk memeras beberapa cardio dalam latihan rutinmu. Studi menunjukkan bahwa tingkat kebugaran kardiovaskular yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi memori yang lebih baik dan bahwa berolahraga selama usia paruh baya dapat melindungi dari demensia dan meningkatkan kinerja kognitif.

Baca juga: Penelitian: Kecerdasan Anak Berasal Dari Ibu

2. Pelajari musik instrumen

Mempelajari musik mendorong plastisitas otak (kemampuan otak untuk menyesuaikan diri), menurut ilmu pengetahuan. Sebagai contoh, sebuah studi yang membandingkan musisi dan non-musisi menemukan bahwa musisi tidak hanya memiliki lebih banyak materi abu-abu (jaringan neuron yang bertanggung jawab untuk memproses informasi), tetapi mereka juga menunjukkan sangat sedikit penurunan kepadatan materi abu-abu dari waktu ke waktu.

3. Intal aplikasi pengasah otak

Aplikasi pengasah otak semakin populer. Mengunduh satu adalah cara yang menyenangkan untuk melakukan banyak tugas dan melenturkan otot-otot otakmu saat bepergian atau mengantre. Coba Peak, yang menampilkan koleksi lebih dari 30 kegiatan pelatihan otak yang mencakup mata pelajaran seperti memori atau bahasa. Ada banyak opsi untuk membuatmu tetap tertantang dan terhibur dari ponsel.

Baca juga: Kandidat Pekerja Cerdas Selalu Lakukan 5 Hal Ini Saat Interview

4. Singkirkan GPS

Para ilmuwan di University College London sampai pada kesimpulan mengejutkan bahwa otak pengemudi taksi benar-benar tumbuh di tempat kerja. Belajar jalan-jalan di kota memiliki efek positif pada fungsi kognitif pengemudi taksi. Singkirkan GPS sesekali dan andalkan sistem navigasi internalmu untuk mendapatkan keunggulan intelektual di semua bidang kehidupan.

5. Ambil catatan

Menurut penelitian University of Oregon, menyimpan lebih banyak item dalam memori jangka pendekmu terkait dengan otak yang lebih encer. Dan membawa buku catatan untuk mencatat pikiran, ide, dan tindakan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan jumlah informasi yang kamu hapal setiap hari, yang pada gilirannya dapat memiliki konsekuensi positif pada IQ.

6. Bermain catur

Sebuah studi tentang otak Einstein menghubungkan kecemerlangannya dengan fakta bahwa sisi kiri dan kanan otaknya terhubung dengan baik, memberinya kemampuan untuk meningkatkan kreativitas dan logika secara bersamaan.

Jika kamu peduli untuk meningkatkan kecerdasanmu, ada baiknya melihat aktivitas yang memanfaatkan kedua belahan otak. Catur adalah salah satunya. Selain itu, banyak orang yang sangat sukses juga menikmati catur sebagai hobi. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply