Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Memanfaatkan LinkedIn Cari Kandidat Tepat di Masa Pandemi

Ilustrasi LinkedIn. Sumber foto: JobscanIlustrasi LinkedIn. Sumber foto: Jobscan

Topcareer.id – Di masa pandemi COVID-19 perusahaan perlu memiliki protokol atau aturan baru ketika menghadapi new normal.

Tentunya kegiatan bisnis perusahaan tak akan sama ketika new normal, misalnya karyawan harus menerapkan jarak fisik. Sehingga banyak perusahaan mulai memanfaatkan teknologi untuk beradaptasi dengan kondisi ini.

Dengan alasan ini, sistem kerja yang fleksibel seperti kerja dari rumah atau yang populer disebut sebagai WFH (work from home) bisa dilakukan.

Aturan new normal tentu saja memengaruhi proses rekrutmen karyawan baru. Biasanya, perusahaan melakukan wawancara langsung. Dalam new normal, metode ini belum dapat dilakukan lagi.

Baca juga: Cara Mengisi Headline LinkedIn Agar Cepat Direkrut

HR juga harus terbiasa dengan teknologi lain dalam menjalani new normal. Jadi, bagaimana perusahaan dapat secara efektif menggunakan teknologi untuk merekrut karyawan baru, melatih, dan mengelola karyawan?

Dalam acara Webinar Insight Talenta dengan topik “Leveraging HR Tech to Recruit, Train and Manage People During New Normal” pada Sabtu, 4 Juli 2020, beberapa narasumber yang hadir memberikan penjelasannya.

Salah satu cara perusahaan dalam menggunakan teknologi untuk melakukan recruitment bisa menggunakan bantuan dari media sosial LinkedIn. Teknologi LinkedIn bisa membantu perusahaan untuk mendapat kandidat yang memiliki capability baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca juga: 10 Kursus Online Terpopuler di LinkedIn Selama Pandemi

Sistem yang digunakan LinkedIn menunjukkan wawasan awal tingkat perekrutan tentang bagaimana pasar tenaga kerja merespons dan apa yang mungkin cocok bagi perusahaan.

LinkedIn tidak hanya membantu perusahaan untuk mendapatkan kandidat potensial yang sesuai, namun juga mendukung perusahaan dalam mengelola dan mengembangkan karyawan terutama di masa pandemi seperti sekarang. Di mana upgrading skill merupakan suatu keharusan agar karyawan dapat terus berkembang dan memajukan perusahaan.

Lanny Wijaya, Talent Solution Expert for Indonesia LinkedIn dalam kesempatannya pada webinar mengenai HR ini menyampaikan bahwa perusahaan harus mengikuti tren new normal dengan tidak kolot untuk mau menggunakan teknologi terkini. Salah satu contohnya dengan mendukung adanya WFH agar penerapan new normal bisa dijalani dangan baik.

Baca juga: Cara Profil LinkedIn Kamu Dapat Perhatian Lebih Banyak

Di sini LinkedIn dengan teknnologinya mampu membantu perusahaan dengan memberikan informasi job apa saja yang akan bertahan dan cocok untuk WFH.

“Kita nggak tahu sampe kapan WFH, jadi kita harus tingkatkan skill yang dibutuhkan, LinkedIn juga mendukung dengan mengadakan beragam upgrading skill gratis bagi karyawan dari semua perusahaan, kalian tinggal masuk LinkedIn saja untuk bisa ikut serta,” kata Lanny.

Diselenggarakan oleh kerjasama antara LinkedIn, Microsoft dan Github, “LinkedIn want to empower everyone.”

“Kita ingin bantu semua perusahaan, kalo kita nggak bantuin untuk mengembangkan skill sumber daya manusia yang membutuhkan nanti ekonomi negara bisa gak selamat,” ujar Lanny.

Baca juga: Jangan Asal Unggah, Foto LinkedIn Bisa Pengaruhi Kariermu

Menurut Lanny, perusahaan tidak cukup hanya memikirkan perekrutan, namun tak kalah penting harus mempertimbangkan kegiatan dalam mengelola dan mengembangkan karyawannya.

“Tiap orang harus mulai upskilling dan adjusting terhadap new normal, LinkedIn bisa menjadi channel untuk membantu perusahaan dengan menjadi matchmaker, banyak juga job yang sudah mengarah ke digital, mau nggak mau karena pandemi, kita harus punya skill yang relevan untuk WFH juga,” tutur Lanny.

Baca juga: Ini yang Dilihat Perekrut dari Profil LinkedIn

LinkedIn Talent dan Learning Solutions membantu perusahaan membangun dan mengembangkan tim-tim pemenang dengan menyediakan tools yang cerdas dan wawasan yang unik bagi karyawan. Ini yang dilakukan LinkedIn untuk membantu perusahaan.

  • Plan
    Membangun strategi yang terinformasi, mengembangkan wawasan tentang tenaga kerja global dan lanskap kompetitif.
  • Hiring
    Merekrut dengan lebih efisien, menyediakan iklan rekrutmen, halaman karier, hingga posting tentang pekerjaan.
  • Develop
    Melalui kerjasama LinkedIn, Microsoft, dan Glint, LinkedIn akan membantu memberdayakan karyawan perusahaan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply