Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

3 Jenis Pemimpin Meeting Video, Kamu yang Mana?

Sumber foto: todaynewspost.com

Topcareer.id – Kebiasaan meeting lewat video membuat kontribusimu, tingkat keterlibatan dan gaya partisipasi dalam rapat mengungkapkan banyak hal tentang siapa dirimu sebagai seorang professional. Beberapa menganggap meeting video bukan hal yang professional.

Michael Goldman, presiden perusahaan fasilitasi pertemuan, Facilitation First, mengatakan ia berharap para profesional mengambil pertemuan dengan lebih serius dan belajar tentang ilmu pengetahuan di balik pertemuan kolaboratif yang sangat menarik.

Menurutnya, ada tiga bidang dasar yang dikuasai para pemimpin proses yang efektif: Bagaimana mengelola diri mereka sendiri sehingga mereka tidak menjadi penyebab pertemuan yang dipimpin dengan buruk, bagaimana mengelola proses sehingga pertemuan mengalir dan membangun secara logis menuju pencapaian yang diinginkan hasil, dan bagaimana mengelola orang lain untuk memaksimalkan partisipasi.

Baca juga: Lakukan 6 Zoom Icebreaker Ini pada Karyawan Baru Saat Meeting Video

Tiga jenis pemimpin pertemuan

Menurut Goldman, ada tiga jenis pemimpin rapat: konten-fokus, proses-fokus, atau hibrida keduanya. Menurutnya, seorang pemimpin pertemuan yang berfokus pada konten cenderung ‘berorientasi diri,’ khusus di sana untuk mengadvokasi, melatih, mendidik.

“Pemimpin seperti ini memegang semua kartu dalam hal ide apa yang dikedepankan,” kata Goldman dikutip dari laman The Ladders.

Pemimpin pertemuan yang berfokus pada proses ada untuk meningkatkan kebijaksanaan dan ide-ide peserta rapat. Mereka ‘berorientasi pada permintaan’.

Baca juga: 5 Item Pakaian yang Perlu Dihindari Saat Meeting Video Lewat Zoom

Mereka ada di sana untuk memastikan pertemuan terstruktur untuk memaksimalkan keterlibatan semua peserta dan untuk memastikan semua suara didengar dan dipertimbangkan.

“Pemimpin pertemuan hybrid sangat baik dalam bergerak bolak-balik di antara peran-peran ini, memastikan keseimbangan yang baik antara memberi tahu dan bertanya ketika diminta,” katanya.

Memahami di mana dirimu berada dalam spektrum bertanya dan bercerita dapat membantumu mengatasi kelemahan dan memaksimalkan kekuatan.

Apa yang diungkapkan gayamu tentang dirimu

Apakah kamu cenderung menjadi sorotan atau apakah kamu fokus untuk mendapatkan ide-ide terbaik dari orang-orang di sekitar? Apapun kebiasaanmu, mereka mungkin mengungkapkan sifat-sifat yang muncul dalam kehidupan sehari-harimu lewati ruang konferensi.

Baca juga: Pelajari Bahasa Tubuh yang Baik Saat Meeting Video

“Seorang pemimpin rapat yang terutama berfokus pada konten dan memberitahu sebagian besar waktu cenderung menjadi tipe yang lebih ‘perintah dan kontrol’. Mereka melihat diri mereka sebagai ahli, sebagai orang yang memiliki ide yang tepat, dan memandang audiens sebagai tidak penting atau relevan untuk memanfaatkan perspektif alternatif,” jelasnya.

Goldman menambahkan, pemimpin pertemuan yang berorientasi pada proses cenderung memfasilitasi dan kolaboratif, mencari pendapat lain dengan pemahaman bahwa mereka mungkin tidak memiliki semua jawaban yang benar. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply