Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, August 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Nurhasanah, Pengisi Suara Doraemon Indonesia Meninggal Dunia

NUrhasanah. (dok. infopena)

Topcareer.id – Pengisi suara karakter Doraemon, Nurhasanah Iskandar meninggal dunia pada usia 62 tahun. Kabar duka ini disampaikan melalui unggahan foto Instagram @nurhasanahdora yang ditulis oleh anaknya.

Dalam caption pada foto Instagram tersebut sang anak menyampaikan “Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah ibunda kami ibu Nurhasanah hari ini pukul 15.00 WIB. Mohon dimaafkan atas kesalahan semasa hidup mama saya.”

Nurhasanah Iskandar lahir 20 Mei 1958 dan meninggal di Jakarta pada 12 Juli 2020. Ia adalah seorang pengisi suara Indonesia. Dikenal sebagai seiyū atau pengisi suara tokoh animasi Doraemon yang ditayangkan di RCTI.

Baca juga: Frozen II Jadi Film Animasi Terlaris Sepanjang Masa

Pada tahun 1982 Nurhasanah bekerja di Radio Republik Indonesia (RRI), ia menangani bidang produksi sandiwara radio. Di samping itu, ia juga menjadi pengisi suara untuk telenovela dan film India.

Namanya mulai dikenal sejak ia mengisi suara karakter Doraemon sejak tahun 1993 hingga tahun 2018. Nurhasanah sempat vakum dari film Doraemon pada tahun 2006, karena terjadi pergantian pengisi suara.

Namun, banyak penggemar Doraemon di Indonesia yang merasa cocok dengan suaranya, karena banyaknya permintaan dari penggemar, setahun kemudian ia kembali didaulat mengisi suara tokoh robot kucing asal Jepang tersebut.

Baca juga: We Bare Bears Tamat. Kreator Luncurkan Versi Film Sebagai Penutup

Pensiun dari RRI pada tahun 2016, Nurhasanah memfokuskan diri pada keluarga dan menjadi pengisi suara Doraemon sambil sesekali menerima undangan untuk tampil di televisi atau acara lain.

Mulai Februari 2018, karena alasan kesehatan posisinya sebagai pengisi suara Doraemon digantikan oleh putranya, Dana Robbyansyah.

Nurhasanah akhirnya meninggal dunia pada hari Minggu, 12 Juli 2020 akibat penyakit stroke yang dideritanya. Kepergiannya memberikan duka mendalam bagi para penggemar Doraemon. Twitter dipenuhi ucapan duka dan kenangan atas meninggalnya pengisi suara Doraemon Indonesia ini. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply