Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mengatasi Emosi Agar Tak Berdampak Negatif Bagi Kesehatan

Topcareer.id – Menahan emosi terlalu lama memang tidak baik bagi kesehatan. Serangkaian penelitian selama beberapa dekade terakhir menunjukkan bahwa menekan emosi bisa memengaruhi tubuh dan pikiran kamu.

Menghindari emosi juga dapat menyebabkan masalah dengan ingatan, agresi, kecemasan dan depresi. Sebuah studi dari University of Texas menemukan bahwa dengan tidak mengakui emosi, itu justru membuat emosi menjadi lebih kuat.

Misalnya kamu marah dengan pasanganmu dan kamu menekannya untuk tidak keluar, lalu ketika seminggu setelahnya kamu pergi mengendarai mobil dan tiba-tiba ada pengendara lain yang memotong jalan seenaknya kamu bisa bereaksi dan meledak secara berlebihan sebagai akibat dari tumpukan emosi yang kamu pendam selama ini.

Baca Juga: Mengapa Meminta Maaf Sering Terasa Sangat Sulit Dilakukan?

Lalu bagaimana cara mengatasi emosi yang kuat agar kamu tidak meledak-ledak dan tetap tenang serta tidak menjadi penyakit mental?

Mempelajari cara menghadapi emosi yang kuat bisa jadi menantang. Direkomendasikan 4 langkah berikut ini jika kamu merasa emosi dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya.

Akui emosi itu

Mengenali perasaanmu dengan cara tertentu adalah penting. Kamu tidak harus melakukan ini secara lisan, selama kamu mengakuinya secara internal. Cobalah untuk menemukan dan memahami emosi inti di balik bagaimana perasaan kamu. Tanyakan kepada diri sendiri “mengapa saya bertindak seperti ini? Mengapa saya merasakan reaksi emosional ini?” Bahkan tindakan mengidentifikasi dan menggambarkan perasaan dapat memiliki efek yang menguntungkan.

Halaman selanjutnya>>>>>>>>>>>> >>>>>>>>> Hadapi penyebabnya

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply