Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mengatasi Emosi Agar Tak Berdampak Negatif Bagi Kesehatan

Hadapi penyebabnya

Jika kamu mampu, hadapilah orang atau situasi yang memicu emosi dengan tujuan menyelesaikan masalah. Jika ini tidak memungkinkan, disarankan untuk menjadi ‘pengamat’ terhadap situasi dan berdayakan diri kamu dalam proses tersebut. Mengamati pada dasarnya membuat dirimu berusaha untuk tidak menganggap hal-hal yang mengganggu secara pribadi. Cobalah untuk dengan tenang memahami apa perspektif orang lain dan apa yang mungkin membuat mereka berperilaku seperti itu. Jika menghadapi situasi itu tidak mungkin, berbicara atau curhat dengan orang lain tentang bagaimana perasaan kamu dapat membuat emosi berkurang dan memiliki efek terapi yang baik pada otak.

Miliki respon kamu sendiri

Untuk memahami apa yang kamu rasakan, renungkan cara kamu bereaksi dan menghadapi situasi tersebut. “Pikirkan tentang apa yang membuat kamu sampai pada titik ini, dan bagaimana kamu dapat mencegahnya di masa depan.” Jika itu tidak dapat dihindari, seperti kesedihan, pikirkan tentang perilaku kamu dan bagaimana kamu mungkin bisa menangani emosi dengan lebih baik.

Luangkan waktu untuk perawatan diri

Setiap kegiatan perawatan diri yang kamu lakukan akan memberikan dampak positif, menenangkan, dan membuatmu rileks. Studi telah secara konsisten menunjukkan bahwa olahraga bermanfaat untuk menekan stres emosional. Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Cognition and Emotion menemukan orang yang mengalami emosi dan yang sulit mengatur emosi merasa lebih baik setelah latihan aerobik level moderat, seperti joging.

Direkomendasikan juga bagi kamu untuk berlatih memaafkan dan berterima kasih pada situasi dan orang-orang di sekitar kamu.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply