Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Alasan Mobil Manual Lebih Menguntungkan

Topcareer.id – Transmisi manual mengharuskan pengemudi untuk menginjak pedal kopling dan menggerakkan shifter untuk mengganti persneling. Shifter manual umum biasanya memiliki lima atau enam gigi maju, satu gigi mundur, dan posisi netral.

Gear yang paling tinggi adalah roda gigi overdrive, yang memungkinkan mesin mempertahankan putaran yang relatif rendah saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi.

Di sisi lain, transmisi otomatis akan mengganti gigi secara otomatis sejak kamu mulai menginjak pedal gas untuk berjalan. Shifter otomatis secara tradisional menampilkan pola lurus yang mencakup posisi shift P-R-N-D (Park, Reverse, Netral, Drive). Anda juga dapat melihat penggantian manual yang membatasi gigi tertinggi yang dapat dipilih selama operasi otomatis (mis. P-R-N-D-3-2-1).

Baca Juga: Hanya 18% Orang Di Amerika Yang Bisa Mengendarai Mobil Manual

Apa kelebihan dan kekurangan dari belajar mengemudi manual?

Kelebihan:

Bahan bakar lebih hemat mobil manual dibanding otomatis
Jika pilihan mobil yang akan digunakan merupakan produksi tahun lama (awal 2000 an atau sebelum) kamu lebih mungkin menikmati penghematan bahan bakar yang lebih baik dengan mobil manual. Otomatisasi mobil tua memiliki reputasi gagal untuk beralih ke gigi yang tepat ketika kondisi mengemudi lebih berat. Ini menghasilkan tenaga mesin dan bahan bakar yang terbuang.

Mengurangi resiko kecelakaan
Transmisi manual mengharuskan kamu untuk lebih waspada dan terhadap perubahan apa pun di kendaraan. Selain melihat tachometer, kamu harus mendengarkan dan merasakan gerakan mobil. Sebaliknya, transmisi otomatis sangat mudah dikendarai sehingga pengemudi biasanya lebih mudah tergoda untuk bermain-main dengan telepon genggam sambil menyetir.

Bisa manual biasanya langsung bisa matic
Keahlian berkendara menggunakan transmisi manual berguna untuk perjalanan kemanapun baik lokal maupun internasional. Kamu tidak akan kesulitan menyewa mobil di Eropa atau Asia. Mengetahui cara mengemudi manual membuatnya mudah untuk beralih ke otomatis.

Baca Juga: Limbah Kopi Disulap Jadi Onderdil Mobil. Begini Caranya

Kekurangan:

Kurang efisien dibandingkan dengan otomatisasi modern, kendaraan listrik, dan hibrida
Selama bertahun-tahun, orang telah menyoroti penghematan bahan bakar sebagai keunggulan dibandingkan mengendarai mobil otomatis. Namun, kendaraan listrik dan hibrida telah mengambil tempat sebagai jenis drivetrain yang paling efisien dengan meminimalkan penggunaan mesin pembakaran internal dan memanfaatkan motor listrik. Transmisi otomatis masa kini yang lebih baru juga menghadirkan hingga 10 gigi maju (khususnya dalam transmisi variabel continue (CVT), menyediakan rasio roda gigi yang lebih rendah yang memungkinkan kamu menghemat bensin.

Melelahkan dan membuat frustrasi
Mengubah gigi secara konstan dan mengaktifkan kopling dalam lalu lintas yang padat dapat membuat perjalanan harian kamu melelahkan dan tidak menyenangkan. Mengulangi tindakan yang sama berulang kali dapat melukai otot dan persendian. Ini membuatnya menjadi pilihan berat bagi orang-orang yang harus melewati kemacetan setiap hari dan melakukan perjalanan panjang.

Mempelajari manual jauh lebih sulit dibandingkan dengan otomatis
Jika kamu tidak belajar cara mengemudi manual dari awal, dibutuhkan waktu cukup lama untuk mengembangkan ketangkasan dan kesadaran situasional yang diperlukan untuk mengendarai mobil manual.

Nah itu tadi kelebihan dan kekurangan mobil dengan transmisi manual. Menurut kamu, di jaman modern sekarang apakah masih perlu untuk belajar mengendarai mobil dengan transmisi manual? Atau haruskah merangkul perubahan zaman dan membiarkan mobil transmisi manual menjadi sesuatu dari masa lalu?**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply