Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, August 11, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tujuh Pertanyaan yang Sering Dilupakan Kandidat Saat Interview Kerja

Dok. Flickr

Topcareer.id – Interview kerja itu sebenarnya adalah percakapan dua arah. Bukan hanya perusahaan yang perlu menilai apakah kamu cocok bekerja di perusahaan, tapi kandidat juga perlu bertanya banyak soal perusahaan demi kecocokan.

Sayangnya, banyak kandidat hadir dalam wawancara kerja seperti duduk dalam sidang pengadilan yang penuh ketegangan, hingga lupa pertanyaan yang seharusnya diajukan. Berikut beberapa pertanyaan yang sering dilupakan oleh kandidat pekerja saat interview, seperti dalam laman The Ladders.

1. Seperti apa kegiatan sehari-hari dalam peran ini?

Deskripsi pekerjaan tidak selalu memberi tahumu bagaimana kamu akan menghabiskan sebagian besar hari, jam demi jam. Ketika sedang mempertimbangkan pekerjaan, penting untuk dapat memvisualisasikan dirimu dalam peran ini dalam kehidupan sehari-harinya untuk melihat apakah cocok.

Baca Juga: Ditanya Soal Anak saat Wawancara Kerja, Bagaimana Jawabnya?

2. Dengan siapa saya akan bekerja secara langsung?

Ini merupakan informasi yang penting. Pewawancaramu mungkin tidak akan memberi tahumu jika seseorang telah diberi label “sulit” sebelumnya, tetapi kamu mungkin dapat memahami berdasarkan bagaimana pertanyaan ini dijawab.

3. Nilai-nilai apa yang penting bagi perusahaan ini?

Ini lebih dalam dari pernyataan misi perusahaan. Ketika nilai-nilai perusahaan selaras dengan nilai-nilai karyawannya, retensi dan loyalitas meningkat. Namun, ini terlihat berbeda untuk semua orang – jadi putuskan apa yang penting bagimu, secara pribadi. Apakah ada budaya perusahaan yang mendorong pertumbuhan? Apakah mereka memiliki program bimbingan?

4. Apakah akan ada perubahan dalam departemen ini dalam enam bulan ke depan?

Butuh beberapa bulan untuk bisa beradaptasi dalam pekerjaan baru. Jika harus memulai kembali seperti awal dalam enam bulan, itu dapat membuatmu tidak seimbang dan akhirnya memengaruhi kemampuan untuk melakukan pekerjaan seperti yang dijanjikan. Jika ada perubahan yang direncanakan (lebih banyak perekrutan, perubahan kepemimpinan, restrukturisasi, misalnya), kamu harus mengetahui ini.

Baca Juga: Busana Ini Akan Buat Kamu Gagal Saat Wawancara Kerja Lewat Video

5. Bagaimana perusahaan menggambarkan lingkungan kerja dan budaya kerja di sini?

Kamu mungkin berpikir kamu tahu jawaban untuk wawancara ini, tetapi ada baiknya bertanya hanya untuk melihat bagaimana jawaban pewawancara. Mungkin kantor perusahaan dengan banyak ikatan pribadi, dekat, dan banyak acara setelah jam kerja. Ini bisa menjadi awal yang “sulit” bagi orang yang selalu gelisah dan memilih untuk tidak bersosialisasi.

6. Berapa lama biasanya orang bertahan di perusahaan?

Sekilas, pertanyaan tentang retensi karyawan tampaknya menjadi cara terselubung untuk menanyakan apakah orang senang bekerja di sana. Memang benar, tetapi penting juga untuk mengetahui bagaimana pekerjaan ini sesuai dengan rencana lima tahunmu. Apakah kamu mencari sesuatu untuk tumbuh dan membuat nama untuk diri sendiri di masa mendatang? Atau apakah ini seharusnya hanya menjadi batu loncatan ke tempat lain?

7. Apa tujuan besar perusahaan yang akan saya kerjakan?

Ini adalah pertanyaan penting berdasarkan nilai nominal, tetapi ini juga cara yang bagus untuk menentukan jenis metrik apa yang akan digunakan untuk menilai kesuksesanmu di tempat kerja. Apakah kamu diharapkan untuk mencapai tujuan yang sangat spesifik, nyata, atau mereka mencari seseorang yang akan menjadi aset umum bagi tim untuk mencapai target yang bergerak?**(RW)

Leave a Reply