Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mengenal HR Business Partner dan Tugas Utamanya

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – HR Business Partner (HRBP) merupakan profesional sumber daya manusia (SDM) berpengalaman yang bekerja langsung dengan kepemimpinan senior organisasi untuk mengembangkan dan mengarahkan agenda SDM yang erat dalam mendukung tujuan organisasi.

HRBP adalah pengembangan dari HRD, layaknya profesi designer yang juga berkembang luas menjadi ada web designer, UI/UX designer, dll.

HRBP bekerja sama erat dengan kepemimpinan senior, mungkin mereka duduk dalam dewan direksi atau berkolaborasi secara teratur dengan C-suite. Menempatkan profesional sumber daya manusia dalam kontak dekat dengan kepemimpinan eksekutif menjadikan SDM bagian dari strategi organisasi.

Baca Juga: Siap-siap Gagal Kerja Jika HRD Lakukan 3 Hal Ini

Model Human Resource Business Partner ini sekarang menjadi semakin populer di kalangan organisasi bisnis.

Apa yang dilakukan HRBP?

Pernahkah kamu mengalami tiba-tiba kamu diminta untuk mengikuti suatu training dari kantor? Mendapat email pemberitahuan tentang beragam hal A,B,C… dll? Terkena perubahan struktur organisasi? atau mendadak team lead merekrut orang baru? Dan semuanya tanpa sepengetahuan kalian.

Semua itu dilakukan oleh People Partner, atau lebih dikenal dengan sebutan HR Business Partner. Peran mereka adalah memastikan kebijakan dan prosedur sumber daya manusia di seluruh organisasi sesuai dengan kebutuhan, sasaran, dan tujuan organisasi serta kepemimpinan puncaknya.

Baca Juga: Lakukan Ini Jika Kamu Alami HRD Ghosting

Orang-orang di posisi ini menentukan dan mengarahkan tujuan departemen HR, lebih fokus pada pengembangan strategi daripada menerapkan kebijakan. HRBP memastikan bahwa strategi HRD cocok dengan keseluruhan strategi bisnis organisasi.

HRBP bukan wakil presiden perusahaan, juga orang ini bukan manajer HRD. Sebaliknya, mitra bisnis SDM lebih merupakan konsultan yang bekerja di HRD, membangun hubungan dan menyediakan sumber daya di departemen di seluruh organisasi.

Mereka menjaga keseimbangan antara bisnis dan HR, selain itu mereka juga menyampaikan aspirasi karyawan kepada pemimpin sekaligus mengkomunikasikan kebijakan pimpinan pada karyawan. HRBP juga menganalisa tren untuk mengembangkan solusi, program, dan peluang untuk belajar.

Masing-masing business unit team leadernya dibantu oleh HRBP dalam mempersiapkan kapabilitas organisasi yang dibutuhkan untuk sukses dalam persaingan bisnis.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply