Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Studi: Laki-Laki dengan Tipe Kepribadian Ini Memimpin Lebih Baik

Dok. Pinterest

Topcareer.id –  Dominasi tak pernah absen dalam dunia bisnis dan professional di mana arogansi, narsisme, dan superioritas dihargai sebagai pemimpin yang sukses. Apalagi jika dominasi diperankan oleh laki-laki. Tapi tampaknya hal ini tak berlaku selamanya.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam The Proceedings of National Academy of Science menyarankan banyak hal terkait pemimpin laki-laki yang dikaitkan dengan dominasi di dunia bisnis.

Tim peneliti dari Universitas Konstanz, Institut Perilaku Hewan Max Planck, dan University of Texas berpendapat bahwa kelompok yang dipimpin oleh laki-laki yang menempatkan diri lebih rendah lebih baik daripada yang dipimpin oleh laki-laki dominan dan agresif.

Baca Juga: 3 Jenis Pemimpin Meeting Video, Kamu yang Mana?

“Individu yang dominan dapat memaksakan kehendak mereka pada kelompok dengan cara memaksa, tetapi itu juga membuat mereka secara sosial dibenci,” tulis studi tersebut, dikutip dari The Ladders.

Ketika mereka membawa rekan-rekan dalam sebuah kesepakatan selama tugas yang lebih canggih, mereka adalah individu yang paling tidak agresif yang memberikan pengaruh terbesar.

“Hasil kami menggambarkan bahwa meskipun individu yang mendominasi paling sering naik ke posisi kekuasaan, mereka sebenarnya dapat menciptakan struktur pengaruh yang paling tidak efektif pada saat yang sama.”

Pengaruh adalah kata kunci di sini. Kualitas tugas sangat tergantung pada bagaimana pengaruh diperoleh atas nama seorang pemimpin.

Baca Juga: Kesalahan Umum Pemimpin yang Menyebabkan Karyawan Resign

Melalui kekuatan, eksekutif dapat membuat karyawan mereka melakukan tindakan tertentu, tetapi membuat tim untuk mencapai harmoni bersama tidak diragukan lagi akan menghasilkan kinerja yang lebih berkualitas.

Para penulis memulai penelitian mereka dengan model ikan Astatotilapia burtoni. Astatotilapia burtoni milik keluarga Cichlidae. Mereka adalah spesies ikan yang sangat sosial yang dapat ditemukan berenang di sekitar Danau Tanganyika dan saluran air di sekitarnya, termasuk Burundi, Rwanda, Tanzania, dan Zambia.

Leave a Reply