Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, August 11, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mitos dan Fakta terkait Olahraga selama Pandemi (Bagian 2)

Ilustrasi. (dok. Harvard Health)

Topcareer.id – Pandemi virus corona yang kasusnya masih terus melonjak, memaksa kita menata ulang gaya hidup kita, termasuk dalam hal olahraga.

Ada banyak kabar tentang bagaimana cara olahraga yang benar selama pandemi. Sayangnya, tak semua saran itu muncul berdasar fakta.

Oleh karena itu, untuk menghindari panduan yang salah, berikut penjelasan dari dr. Michael Triangto, SpKO, spesialis kedokteran olahraga yang juga direktur Slim & Health Sports Center Jakart,a seputar fakta dan mitos yang beredar.

Bagian kedua dari artikel

Mitos atau Fakta? Minum air yang cukup secara teratur saat berolahraga, membantu tubuh menghindari Covid-19
Pada saat berolahraga, tubuh akan kehilangan cairan dan hal ini harus segera diatasi dengan melakukan minum air secara cukup dan teratur.

Apabila hal tersebut tidak dilakukan, maka tubuh bisa mengalami dehidrasi dan akan mengganggu kesehatan yang pada akhirnya memudahkan tubuh untuk menjadi sakit, dan tak tertutup kemungkinan untuk terinfeksi virus corona. Dengan demikian pernyataan ini adalah Fakta.

Baca juga: Manfaat Makan Dua Pisang Setiap Hari Sebelum Olahraga

Mitos atau Fakta? Setelah berolahraga di luar rumah, sebaiknya segera mandi dan ganti pakaian untuk menghindari penularan Covid-19
Saat berolahraga di tempat umum, meskipun menjalankan protokol kesehatan namun tetap saja akan membuat diri berada pada situasi yang tidak pasti.

Oleh sebab itu, sangat masuk akal jika sesampainya di rumah wajib langsung membersihkan tubuh dengan mandi dan mengganti pakaian yang bersih. Ini salah satu cara agar terhindar dari penularan Covid-19.
Dengan demikian pernyataan ini adalah Fakta.

Mitos atau Fakta? Berenang itu sama dengan mandi sehingga baik untuk mencegah Covid-19
Jika mandi merupakan salah satu cara untuk menghindari diri dari kemungkinan terinfeksi Covid-19, maka tak jarang ada yang berpendapat bahwa “mandi” di kolam renang adalah hal yang serupa.

Sebagai catatan, apabila berenang dilakukan pada kolam renang pribadi dan dijamin tidak ada orang lain yang menggunakan kolam tersebut yang terinfeksi Covid-19, maka resiko penularannya rendah.

Namun, bila hal tersebut dilakukan di kolam renang umum dan tak menerapkan protokol kesehatan, maka risiko terinfeksi menjadi besar. Dengan demikian, pernyataan ini adalah Mitos.

Baca juga: Rentan Penularan Covid, Begini Cara Aman Olahraga di Tempat Gym

Mitos atau Fakta? Penggunaan kalung eucalyptus dapat menghindari penggunanya dari Covid-19
Minyak eucalyptus memiliki manfaat untuk mengurangi gejala-gejala influenza, hidung tersumbat dan juga sebagai anti radang.

Covid-19 yang diakibatkan oleh virus corona juga memiliki gejala mirip dengan influenza, namun dengan sumbatan saluran pernafasan berat yang tentunya sangat berbeda dari flu pada umumnya.

Oleh sebab itu, minyak eucalyptus mungkin dapat membantu meringankan gejala yang ada pada Covid-19, tapi tidak bisa untuk mencegah ataupun menyembuhkannya. Dengan demikian, pernyataan ini adalah Mitos.(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply