Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 28, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Jadi Software Engineer Tanpa Gelar Sarjana (Bagian 2)

Dok. Unicaf

Topcareer.id – Software engineer merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati dan dibutuhkan oleh perusahaan besar maupun startup.

Kabar baiknya, bagi kamu yang mencari pekerjaan full time sebagai software engineer, ada cara yang bisa kamyu tempuh tanpa harus memiliki gelar sarjana komputer.

Seperti dikutip dari learntocodewith, berikut langkah-langkahnya:

Baca coding yang ditulis oleh software engineer lain
Aspek penting lainnya dari menjadi software engineer adalah mempelajari cara membaca coding orang lain. Kamu dapat melakukan ini dengan menelusuri melalui repositori GitHub, dan melihat melalui dokumentasi.

Baca juga: AI Bisa Bakal Mengancam Profesi Software Engineer

Temukan komunitas software engineer yang mendukung
Menemukan komunitas untuk jadi tempat menambah ilmu dapat membantumu menjadi seorang software engineer. Kamu akan memiliki sistem dukungan dari sekelompok individu yang dapat kamu hubungi ketika kamu mengalami kesulitan, atau kehilangan motivasi.

Bangun proyek coding aktual
Jangan hanya membaca tutorial dan menonton video, cobalah gunakan keahlian kamu. Tantang dirimu untuk mencoba menyelesaikan masalah nyata software engineer dengan menawarkan diri untuk membantu.

Ketika kamu melakukan ini, kamu tidak hanya belajar lebih lanjut, kamu juga bisa menunjukkan kepada calon atasan atau siapapun yang menggunakan jasa kamu bahwa kamu sanggup menyelesaikannya.

Baca juga: 5 Buku Wajib Baca untuk Software Developer

Kembangkan jaringan teknologi profesional
Ketika kamu belajar coding, membangun proyek, dan lain sebagainya, kamu harus perlahan tapi pasti membangun jaringan profesional juga.

Karena ketika datang waktunya untuk menemukan pekerjaan yang hebat, dibutuhkan lebih dari sekedar melamar pekerjaan online. Referensi dan koneksi yang kuat sangat dibutuhkan.(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply