Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

3 Langkah Sebagai Formula Utama Membangun Bisnis Sendiri

Topcareer.id – Berpikir ingin memulai bisnis? Secara teoritis, itu tidak terlalu sulit. Tantangan yang sebenarnya adalah membuat bisnis kamu sukses.

Menurut statistik, hampir 50 persen bisnis tidak mencapai batas lima tahun. Selain itu, diperkirakan 90 persen startup baru gagal.

Mengapa demikian? Padahal internet penuh dengan hal yang menjanjikan untuk membuka jalan menuju kesuksesan, tetapi apakah mereka ada gunanya? Tentu saja, tetapi hanya sampai batas tertentu.

Para pengusaha baru kebanyakan tidak terjun ke dalam hal psikologis dan tindakan berarti yang memenangkan hati banyak orang dan membuat dampak yang bertahan lama.

Baca Juga: Bangkitkan Bisnis Perumahan, Pemerintah Siapkan Subsidi Bunga KPR

Yang mereka lakukan hanyalah membuat daftar tugas, yang kita semua tahu pada akhirnya akan habis kreativitasnya. Jadi, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan peluang kesuksesan kewirausahaan? Fokuslah pada formula tiga langkah ini.

Langkah 1: Berikan bukti
Kamu harus dapat menunjukkan value yang kamu berikan. Seperti membantu pelanggan untuk menghemat waktu dan uangnya, serta berikan ketenangan pikiran pada pelanggan. Buat pelanggan atau klien terlihat lebih populer, lebih cerdas atau lebih sukses di hadapan orang lain. Intinya adalah, semakin baik kamu mengartikulasikan bagaimana produk atau layananmu akan membawa orang-orang dari titik awal “A” pada keadaan akhir yang diinginkan “B,” maka semakin sukses kamu nantinya. Bukti yang kamu berikan ini bisa kamu presentasikan untuk menarik orang lain.

Langkah 2: Puaskan pasar yang cukup besar
Pastikan apa yang kamu lakukan bisa memuaskan permintaan pasar yang kuat. Semakin tinggi jumlah orang yang menginginkan produk kamu, makan akan semakin baik. Namun, ini bukan hanya tentang kuantitas. Semakin kuat keinginan mereka untuk memiliki apa yang kamu tawarkan juga merupakan kunci sukses. Temukan kecocokan antara pasar dan produk kamu. Apakah bisnis kamu memiliki daya tarik positif dari mulut ke mulut? Apakah orang ingin membeli? Apakah mereka akan merasa kurang jika produk kamu tidak ada atau diambil? Sudahkah pelanggan kamu mencoba menyelesaikan masalahnya sendiri dan tidak berhasil, lalu apakah produk kamu secara efektif membantu menyelesaikannya untuk mereka? Semakin banyak jawaban “ya,” maka semakin tinggi kemungkinan kamu memiliki kecocokan antara pasar dan produk.

Langkah 3: Hidup dengan prinsip Zig Ziglar
Penjual yang terkenal dan pembicara motivasi Zig Ziglar dikutip mengatakan, “Anda dapat memiliki segalanya dalam hidup yang Anda inginkan jika Anda membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan.” Ketika kamu membuat titik untuk menciptakan bisnis yang didorong oleh nilai, orang-orang dengan senang hati akan membayar kamu, merujuk kamu dan mendukung kamu. Mentalitas pay-it-forward seperti ini akan membuat langkah satu dan dua lebih mudah dijalani.

Jelas ada banyak keuletan dan usaha yang dikemas dalam masing-masing dari tiga langkah tadi, dan itu semua lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi jika diterapkan dengan benar, hasil dari upaya ini akan membawa bisnis kamu menuju kesuksesan.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply