Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Orang yang Sering Tertawa Dianggap Lebih Siap Atasi Stres

Topcareer.id – Berapa kali dalam sehari kamu tertawa? Ya, setiap orang memiliki selera humor yang berbeda. Tetapi sebuah penelitian baru menemukan bahwa seberapa sering seseorang tertawa mungkin akan menentukan seberapa baik mereka mampu menghadapi situasi yang penuh tekanan.

Para peneliti dari University of Basel di Swiss telah menyimpulkan bahwa orang yang sering tertawa sepanjang hari biasanya lebih siap untuk menghadapi, dan tetap tenang selama peristiwa, situasi, atau sesuatu yang membuat stres. Apalagi hanya tersenyum saja sepertinya juga membantu.

Jurnal yang diterbitkan dalam Plos One itu mengatakan, penting juga untuk dicatat bahwa intensitas tawa tersebut tampaknya tidak membuat perbedaan mengenai keterampilan mengatasi stres. Yang penting adalah sering tertawa pada umumnya.

Baca Juga: Tertawa Palsu Umum Terjadi. Tapi Kenapa Orang Melakukannya?

Kita semua memiliki cara unik kita dalam memandang dunia. Beberapa orang secara alami lebih ceria, optimis, dan dapat melihat sisi menyenangkan atau lucu dari situasi apapun. Namun, yang lain secara alami cenderung ke arah cara pandang yang lebih kritis dan pesimistis.

Meskipun tidak selalu merugikan untuk menjadi pesimis alami, penelitian ini tentu menunjukkan bahwa jauh lebih sehat untuk mendekati peristiwa stres yang tak terduga dengan rasa humor.

Ambil contoh kecelakaan sehari-hari yang umum. Sebelum pergi kerja kamu mengambil kopi, tetapi tapi saat kamu menaiki tangga menuju kantor, kakimu tergelincir dan kopi panas tumpah ke seluruh pakaianmu.

Baca Juga: Tertawa Ternyata Bisa Tingkatkan Daya Ingat

Ketika ini terjadi, kamu dapat bereaksi dengan salah satu dari dua cara; meledak dengan frustrasi dan stres sambil berpikir bagaimana kamu harus kembali ke rumah dan mengganti pakaian, atau hanya menertawakan kecelakaan dan memilih untuk tidak membiarkannya merusak harimu.

Stres, dalam dan dari dirinya sendiri, mendatangkan malapetaka pada tubuh kita. Dalam sebagian besar kasus, stres yang kita tempatkan pada diri kita sendiri setelah kecelakaan tak terduga jauh lebih berbahaya daripada stresor itu sendiri.

Tetap tenang ketika hidup tidak berjalan sesuai rencana lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Lagipula, sulit untuk memprediksi bagaimana orang akan bereaksi terhadap situasi tertentu sampai mereka menemukan diri mereka di dalamnya.

Itu sebabnya adalah ide yang baik untuk mencoba dan tertawa lebih sering secara umum. Dengan begitu, ketika stres memang muncul, kamu akan lebih siap untuk tetap tersenyum.**(RW)

Leave a Reply