Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Wow, Ternyata Buah Kiwi Bagus untuk Kesehatan Mata

Sumber foto: USDASumber foto: USDA

Topcareer.id – Kiwi, buah padat nutrisi dan rendah lemak ini hanya memiliki 42 kalori, yang membuatnya lebih dari sekedar camilan sehat dan lezat.

Makan dua hingga tiga buah kiwi per hari bisa melindungi kamu dari berbagai penyakit mata, termasuk katarak, dan kehilangan penglihatan karena degenerasi makula.

Kandungan mineralnya menawarkan manfaat bagi sistem saraf dan fungsi peredaran darah kamu. Kiwi cocok digabung dengan buah-buahan lain dalam salad buah atau smoothie, dan kamu juga bisa menambahkannya, ke salsa atau sereal sebagai nutrisi tambahan.

Berikut ini kandungan dalam buah kiwi yang penting bagi kesehatan:

Lutein dan Zeaxanthin
Menurut Dr. Sherri Nordstrom Stastny, Ph.D., LRD, dan Julie Garden-Robinson, Ph.D., LRD, dari North Dakota State University, pada pusat retina mata manusia, ada makula yang terbuat dari zat lutein dan zeaxanthin serta karoten yang terkait dengan beta-karoten.

Tubuh menggunakan phytochemical ini untuk membuat vitamin A. Satu cangkir kiwi mengandung 220 mikrogram lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu membangun kembali makula mata, dan mencegah penyakit mata ini.

Baca juga: Segudang Manfaat Air Kismis bagi Kesehatan

Tembaga
Tembaga merupakan mineral penting untuk kesehatan fungsi sistem saraf, menurut Linus Pauling Institute. Secangkir kiwi menyediakan sekitar 20 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk tembaga, menjadikannya sumber yang sangat kaya akan mineral tersebut, dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Kiwi meningkatkan fungsi retina mata.

Vitamin C
Antioksidan berperan dalam mencegah penyakit mata. Secangkir kiwi mengandung 167 miligram vitamin C, dua kali lipat jumlah nutrisi yang diberikan jeruk.

Karena vitamin C dan antioksidan lain membantu memperbaiki sel yang rusak dan mendorong pertumbuhan sel baru, para peneliti di National Eye Institute percaya bahwa asupan tinggi vitamin C dari kiwi dapat membantu mencegah pembentukan katarak pada orang dewasa yang lebih tua.

Institut tersebut melakukan serangkaian penelitian yang menguji peran vitamin C dalam kesehatan penglihatan.

Baca juga: Manfaat Berpelukan, dari Nyaman hingga Perkuat Kekebalan Tubuh

Lemak sehat untuk membantu penyerapan vitamin
Lutein dan zeaxanthin adalah karoten yang larut dalam lemak. Meskipun kiwi mengandung sedikit lebih banyak lemak daripada buah-buahan lain karena kandungan minyak pada bijinya, ia masih memiliki jumlah lemak yang bisa diabaikan.

Untuk membantu tubuh menyerap nutrisi kiwi yang larut dalam lemak dengan benar, North Dakota State University merekomendasikan makan sedikit makanan yang mengandung lemak omega-3, seperti kenari, atau ikan, bersama kiwi.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply