Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Alasan Mengapa Sistem Manajemen Sekolah Itu Penting (Bagian 1)

Sumber foto: theconversation.com

Topcareer.id – Saat ini, mulai banyak sekolahan yang menerapkan sistem manajemen. Secara umum, sistem ini telah berhasil meringankan tugas admin, guru, staf, dan lainnya melalui platform multi-fungsi.

Tidak hanya terbatas pada manajemen internal, manajemen sistem sekolah juga mengelola interaksi sekolah dengan siswa dan orang tua. Fitur ini memang membuat komunikasi antara ketiga pihak menjadi efektif.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang yang telah memaksa banyak sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar secara online, sistem manajemen sekolah tentu akan sangat membantu.

Berikut ini alasan lainnya dan penjelasannya mengapa manajemen sekolah itu penting.

Bagian pertama dari artikel.

Baca juga: Memanfaatkan LinkedIn Cari Kandidat Tepat di Masa Pandemi

Catatan kehadiran hanya dengan beberapa klik
Merekam dan mengevaluasi catatan partisipasi siswa hanya merupakan salah satu sorotan utama kerangka kerja dewan sekolah. Kerangka kerja ini memungkinkan untuk membuat laporan partisipasi yang berbeda per kelas dan berbagai faktor lain untuk seluruh kegiatan belajar mengajar.

Selain itu, catatan kehadiran juga dilengkapi juga dengan SMS yang dapat memberi tahu wali jika anak-anak mereka tidak hadir. Ini akan menghindarkan siswa dari membolos.

Manajemen pekerjaan rumah sederhana
Di platform ini, siswa dapat mengunduh, mengunggah, menyelesaikan tugas, catatan, dan proyek mereka. Itu dimungkinkan karena sistem dimaksudkan untuk diakses oleh semua orang yang membutuhkan interaksi yang efisien. Kustomisasi dan integrasi tersedia dalam sistem ini. Siswa dapat mengintegrasikan, gambar, video, atau lampiran lainnya. Selain itu, siswa juga dapat dengan mudah merujuk ke dokumen lama yang telah diupload untuk dibuka kembali.

Manajemen ujian yang lebih baik
Salah satu dari banyak fitur yang membuat sistem manajemen sekolah ini penting adalah bagaimana sistem ini dapat membantu mengelola ujian. Ada sekolah yang lebih memilih format ujian esai daripada pilihan berganda.

Apa pun itu, sistem manajemen sekolah dapat mengakomodasi persyaratan ini. Guru dapat memegang ujian di dalam platform atau di luar platform. Jika ujian tidak ada dalam sistem, guru dapat menilai dan memposting hasilnya dalam sistem. Sistem juga menyediakan pembuatan laporan semua aspek penilaian secara otomatis dan menyimpan semuanya dalam satu basis data yang dapat dilihat oleh orang tua siswa juga.

Baca juga: Manfaat Berpelukan, dari Nyaman hingga Perkuat Kekebalan Tubuh

Pembayaran uang sekolah simple
Di awal semester biasanya, bank dipenuhi orang tua atau siswa yang mengantri untuk mendapat giliran membayar uang sekolah. Sistem manajemen sekolah sudah menyediakan platform untuk melakukan pembayaran online. Ini adalah metode yang sangat efektif karena meminimalkan masalah keterlambatan biaya, berkat fitur SMS yang mengirimkan pembaruan tentang biaya yang belum dibayarkan.

Komunikasi efektif
Sistem ini memiliki fitur yang menghubungkan orang tua, siswa, guru, dan admin sekolah. SMS blast, email, atau notifikasi khusus mengenai kegiatan di sekolah bukanlah beban bagi sistem manajemen sekolah. Informasi tentang penerima sudah disimpan dalam sistem sehingga tidak perlu lagi menginput secara manual.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply