Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Alasan Mengapa Sistem Manajemen Sekolah Itu Penting (Bagian 2)

Dok. Digital School

Topcareer.id – Saat ini, mulai banyak sekolahan yang menerapkan sistem manajemen. Secara umum, sistem ini telah berhasil meringankan tugas admin, guru, staf, dan lainnya melalui platform multi-fungsi.

Tidak hanya terbatas pada manajemen internal, manajemen sistem sekolah juga mengelola interaksi sekolah dengan siswa dan orang tua. Fitur ini memang membuat komunikasi antara ketiga pihak menjadi efektif.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang yang telah memaksa banyak sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar secara online, sistem manajemen sekolah tentu akan sangat membantu.

Berikut ini alasan lainnya dan penjelasannya mengapa manajemen sekolah itu penting.

Bagian kedua dari artikel:

Baca juga: Manfaat Berpelukan, dari Nyaman hingga Perkuat Kekebalan Tubuh

Lacak kendaraan sekolah
Sekolah biasanya memiliki kendaraan jemputan seperti bus atau mobil untuk mengangkut siswa. Sistem manajemen sekolah memungkinkan orang tua siswa untuk memantau rute kendaraan, bahkan membantu pihak sekolah untuk menjadwalkan perawatan kendaraan.

Dengan pengawasan yang terjamin terhadap kendaraan, staf sekolah dapat dengan mudah mengelolanya dan menambah kepercayaan orang tua terhadap sekolah karena keselamatan anak-anak mereka adalah bagian dari peraturan manajemen sekolah.

Membantu penerimaan siswa
Sistem manajemen sekolah penting karena membantu sekolah untuk mengelola penerimaan siswa dengan mengelola data calon siswa dan mengurangi penggunaan kertas (paperless). Para siswa memiliki informasi pribadi dan catatan akademis mereka di masa depan dalam satu basis data.

Mereka dapat mengaksesnya kapan saja, bahkan setelah mereka lulus. Selain itu, sistem manajemen sekolah meminimalkan human error seperti kehilangan atau duplikasi dokumen.

Orangtua dapat mengaksesnya
Sistem manajemen sekolah menghubungkan sekolah dan orang tua secara langsung. Ini memberi tahu orang tua perkembangan dan kemajuan belajar siswa. Informasi ini tersedia kapan saja, mulai dari kinerja siswa hingga proyek yang sedang berjalan. Jadi, orang tua dan sekolah saling berbagi tanggung jawab yang sama dalam mendidik anak-anak mereka.

Baca juga: Memanfaatkan LinkedIn Cari Kandidat Tepat di Masa Pandemi

Manajemen staf lebih efisien
Sistem manajemen sekolah secara efektif mengelola staf dan tugas mereka. Ini termasuk manajemen kehadiran, perhitungan gaji dan kompensasi, manajemen cuti, dan banyak lagi. Sistem ini juga memungkinkan manajemen untuk membayar gaji staf dalam sistem hanya dengan beberapa klik.

Manajemen inventaris yang bisa diterapkan
Beberapa sekolah memiliki toko yang menjual barang-barang perlengkapan sekolah seperti seragam atau buku. Sistem manajemen sekolah memiliki fitur manajemen inventaris untuk membantu sekolah menginformasikan stok yang tersedia, barang-barang yang hampir habis, dan membuat permintaan pesanan pembelian secara otomatis.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply