Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cobalah Icebreaker Ini Saat Virtual Meeting (Bagian 1)

Topcareer.id – Apakah kamu mencari virtual icebreaker atau pemecah kebekuan virtual yang bisa kamu gunakan dengan tim pada saat remote meeting selama periode pandemi akibat pandemi virus corona.

Ke depannya kemungkinan pemecah kebekuan virtual ini akan membantumu dengan baik dari waktu ke waktu. Dengan akselerasi kemampuan teknologi yang terus-menerus, kamu bisa berharap memiliki kolega yang bekerja dari jarak jauh dengan baik.

Baca Juga: Lakukan 6 Zoom Icebreaker Ini pada Karyawan Baru Saat Meeting Video

Virtual icebreaker membantu membangun hubungan
Tetap terhubung untuk melakukan bisnis itu penting selama waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, begitu pula hubungan yang kamu bangun dengan tim dan rekan kerja lainnya.

Ini bukan waktunya untuk bisnis seperti biasa dan kamu perlu memberikan pertimbangan serius untuk membantu satu sama lain tetap fokus, bahagia, dan produktif. Pemecah kebekuan virtual akan membantu.

Pemecah kebekuan virtual untuk rapat jarak jauh membantu kamu mempertahankan rasa kohesi dengan anggota grup. Hal ini menambah tawa pada pengalaman yang berpotensi menakutkan, meningkatkan perasaan keselarasan dengan karyawan, dan membantu memerangi kesepian saat semua orang bekerja dari jarak jauh.

Baca Juga: Pelajari Bahasa Tubuh yang Baik Saat Meeting Video

Jika kamu mencari pemecah kebekuan virtual yang bisa kamu gunakan dalam rapat Zoom, Webex, GoToMeeting, Skype atau Google Hangouts atau bahkan melalui teks atau smartphone, kamu bisa mencoba pemecah kebekuan virtual ini untuk memulai rapat jarak jauh kamu.

Bagian pertama dari artikel:

  • One word icebreaker
    Pemecah kebekuan satu kata atau one word icebreaker ini memungkinkan kamu untuk memberikan konteks awal ke dalam topik meeting, dan membuat semua orang memiliki pola pikir yang benar untuk berdiskusi. Untuk memainkan ini, kamu bisa membagi peserta rapat menjadi beberapa kelompok yang lebih kecil. Kemudian, beri tahu mereka untuk berpikir sejenak, dan kemudian bagikan dengan kelompok mereka satu kata yang menggambarkan tentang sesuatu.
  • Berbagi cerita lucu atau memalukan
    Saat memfasilitasi perkenalan atau mencairkan suasana pada awalnya dalam rapat, bantu peserta untuk saling mengenal dengan berbagi fakta singkat yang menyenangkan atau cerita lucu. Kamu juga bisa meminta peserta virtual untuk berbagi cerita yang memalukan. Para peneliti telah menemukan bahwa cerita yang memalukan akan membantu orang menghilangkan hambatan mereka dan menjadi lebih kreatif. Menurut Harvard Business Review, satu studi menemukan bahwa pekerja yang berbagi cerita memalukan tentang diri mereka sendiri dengan tim mereka menghasilkan 26% lebih banyak ide yang mencakup 15% lebih banyak kategori penggunaan dalam sesi curah pendapat daripada pekerja yang tidak menceritakan kisah tersebut.
  • Pertanyaan fun icebreaker
    Tidak ada yang lebih berhasil untuk menghasilkan tawa selain kesenangan virtual dan pemecah kebekuan yang lucu dari pertanyaan-pertanyaan unik dan lucu untuk digunakan sebagai icebreaker. Hal ini membuat karyawan merasa lebih dekat satu sama lain saat mereka berbagi tawa bahkan dalam rapat jarak jauh. Kamu pasti ingin mencoba beberapa atau membuat pemecah kebekuan virtual kamu sendiri berdasarkan pengetahuan dan tingkat kenyamanan kamu dengan iklim dan budaya kerja Anda.
  • Icebreaker favorit tim meeting jarak jauh
    Pemecah kebekuan ini bagus untuk pertemuan virtual karena hanya membutuhkan sedikit waktu, sekaligus memberikan hasil yang bagus untuk tujuan membangun tim. Untuk pemecah kebekuan virtual ini, bagi anggota tim menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat atau lima orang dan minta peserta rapat untuk menemukan 10 kesamaan yang mereka miliki dengan setiap orang dalam kelompok mereka. Kamu juga perlu mensyaratkan bahwa kesamaan yang mereka identifikasi tidak ada hubungannya dengan pekerjaan atau bagian tubuh mereka. Ketika kelompok saling berbagi dengan kelompok lain, pemecah kebekuan virtual ini akan menghasilkan tawa, kenyamanan, dan kebersamaan.**(RW)

Artikel berlanjut ke bagian ke-2

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply