Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Empat Alasan Berkata “Tidak” di Tempat Kerja

Topcareer.id – Fenomena FOMO (takut ketinggalan) jadi hal yang nyata di kehidupan sehari-hari, termasuk dalam karier. Karena hal itu, kamu akan sering bilang “ya” daripada harus jawab “tidak” sekalipun itu mungkin hal yang tidak ingin dilakukan.

Ya, meskipun memanfaatkan peluang dapat membantu kariermu menjadi luar biasa, penting untuk disadari ada saat di mana kamu harus mengatakan tidak sebagai pilihan terbaik untuk dirimu. Inilah empat waktu kamu baiknya katakan “tidak” di tempat kerja, seperti dalam laman Create and Cultivate.

1. Saat jadwalmu sudah penuh sesak

Ketika jadwal penuh sesak, mengatakan tidak mungkin merupakan jalan yang harus ditempuh. Meskipun kamu mungkin dapat mengikuti rapat cepat atau mengambil satu proyek tambahan, penting untuk menilai kewajiban yang sudah kamu anggap sebagai komitmen sebelum mengatakan ya kepada yang lain. Fokuslah mengedepankan komitmen terbaikmu saat ini.

Baca Juga: Bos Ingin Karyawan Baru Katakan Ini di Hari Pertama Kerja

2. Saat kamu melindungi orang lain yang malas

Apakah kamu terus-menerus menutupi kinerja rekan kerja yang tampaknya tidak mau repot-repot? Ketika bosmu mengenalimu karena kemampuanmu untuk mengcover hal-hal seperti itu, mungkin sulit untuk mengakhiri sesuatu, tetapi ada satu titik ketika itu tidak layak.

Jika kamu terus-menerus melindungi seseorang atau menyelesaikan pekerjaan yang seharusnya, kamu menunjukkan kepada orang itu bahwa, A) Kamu tidak keberatan mereka malas, dan B) Mereka bisa malas-malasan terus karena kamu menyelesaikan apa yang tidak mereka lakukan. Dalam hal ini, kamu merugikan diri sendiri dan orang lain.

3. Ketika permintaan datang di menit terakhir dan kamu sudah memiliki kewajiban lain

Kita semua memiliki permintaan kerja pada menit terakhir yang membuat kita tenggelam, apakah itu acara setelah jam kerja atau pertemuan menit terakhir. Terkadang, kamu hanya akan terus menanganinya (ya, ini adalah bagian dari menjadi orang dewasa), tetapi tidak apa-apa untuk mengatakan tidak jika itu akan menghalangi kewajiban lainnya.

Baca Juga: Kalimat yang Tak Seharusnya Dikatakan Bos ke Karyawannya

Jika kamu sudah membuat komitmen lain, jelaskan situasinya. Tunjukkan bahwa dirimu ingin membuatnya berfungsi tetapi itu bukan pilihan karena itu menit terakhir.

“Sayangnya, saya tidak bisa karena waktunya. Saya sudah membuat komitmen lain yang tidak bisa saya batalkan; namun, saya senang bekerja dengan Anda untuk mencari tahu waktu lain yang berfungsi lebih baik.”

4. Jika itu membuatmu tidak nyaman (secara moral atau fisik).

Ini sederhana sebenarnya, jika sesuatu membuatmu tidak nyaman, secara moral atau fisik, katakan saja tidak. Jika kamu merasa ada sesuatu yang tidak beres, percayalah. Kamu selalu dapat mengatakan “Saya tidak nyaman melakukan itu,” atau hanya menolak dan mengatakan bahwa kamu sedang mengerjakan proyek lain.

Jika ada sesuatu yang membuatmu secara fisik tidak nyaman, segera keluar dari situasi itu, dan hubungi seseorang yang berwenang. Baik itu SDM atau otoritas hukum, jika ada pelanggaran di tempat kerja, gunakan suaramu, dan yakinlah bahwa tidak ada yang seharusnya membuatmu tidak nyaman.**(RW)

Leave a Reply