Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Dua Siswi India Temukan Asteroid yang Menggeser Orbitnya Menuju Bumi

Topcareer.id – Radhika Lakhani dan Vaidehi Vekariya, keduanya siswi asal India yang belajar di kelas 10, dan sedang mengerjakan proyek sekolah ketika mereka menemukan asteroid yang mereka beri nama HLV2514.

Ke dua siswi tersebut berasal dari kota Surat di negara bagian Gujarat, India barat, tengah berpartisipasi dalam proyek Space India dan NASA, sehingga memungkinkan mereka menganalisis gambar yang diambil oleh teleskop yang ditempatkan di Universitas Hawaii.

Aakash Dwivedi, pendidik senior dan astronom di Space India, mengatakan bahwa siswa di seluruh India diajari cara mengenali benda langit menggunakan perangkat lunak yang menganalisis gambar yang dikumpulkan oleh teleskop PAN Star NASA. Siswa kemudian mencari benda bergerak dalam gambar.

Baca Juga: NASA Ciptakan Parfum Beraroma Ruang Angkasa

“Proyek tersebut dimaksudkan untuk melibatkan dan mendidik siswa di bidang sains dan astronomi.” Jelas Dwivedi.

“Kami memulai proyek pada bulan Juni dan kami mengirimkan kembali analisis kami beberapa minggu yang lalu ke NASA. Pada tanggal 23 Juli, mereka mengirimi kami email yang mengonfirmasi bahwa kami telah mengidentifikasi objek di dekat Bumi,” kata Vekariya yang berusia 15 tahun pada CNN.

Dwivedi menjelaskan bahwa asteroid tersebut saat ini berada dekat dengan orbit Mars, namun dalam 1 juta tahun akan berubah orbitnya dan bergerak mendekati Bumi, meski masih akan berada pada jarak lebih dari 10 kali jarak Bumi dan Bulan.

“Asteroid ditanggapi dengan sangat serius oleh NASA. Sejak asteroid ini mengubah orbitnya menjadi berita,” kata Dwivedi.
Asteroid, juga dikenal sebagai planet kecil, sebuah benda berbatu kecil yang mengorbit matahari.

Vekariya mengatakan para murid tidak dapat merayakan penemuan tersebut, karena pandemi, tetapi menambahkan bahwa “Ini adalah mimpi. Saya ingin menjadi astronot.”

Dia berkata: “Ini adalah topik yang sangat luas. Tidak ada batasan untuk mencari sesuatu di luar angkasa, terutama teori lubang hitam.”**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply