Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tujuh Aturan Soal HP Saat di Tempat Kerja

Topcareer.id – Siapa yang tak suka bermain dengan smartphone-nya, bahkan hingga tenggelam. Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan dengan smartphone kesayangan, termasuk saat di tempat kerja. Meski semakin mudah dalam aksesibilitas, tapi jangan sampai terpaku pada HP saat di kantor.

Ya, mungkin atasan atau perusahaan tak ada aturan soal menggunakan smartphone di kantor. Tapi, ada baiknya kamu perlu ikuti beberapa aturan terkait penggunaan ponsel di tempat kerja, berikut seperti dikutip dari laman The Balance Career.

1. Jauhkan ponsel

Penggunaan ponsel yang berlebihan di tempat kerja dapat mengganggu produktivitas. Meskipun atasanmu tidak melarang penggunaannya, sebaiknya batasi dirimu. Hindari godaan dengan menyimpan ponsel di laci meja dan memeriksanya hanya sesekali untuk memastikan kamu tidak melewatkan panggilan penting apa pun.

Baca Juga: Hati-hati, Main Handphone di KRL Berisiko Tertular Corona

2. Matikan deringnya

Jika anggota keluarga sering harus menghubungi selama hari kerja, setel ponsel dalam mode getar dan masukkan ke dalam saku. Kamu akan tahu ketika seseorang menelepon atau mengirim pesan dan dapat secara diam-diam menerima panggilan atau menjawab teks secara pribadi.

Sebagai alternatif, belilah smartwatch dan minta ia mengingatkanmu akan panggilan dan pesan masuk. Beberapa pelacak aktivitas juga dapat disetel untuk bekerja dengan ponsel.

3. Gunakan ponsel hanya untuk panggilan penting

Haruskah kamu mengobrol dengan teman, ibu, atau orang penting lainnya saat bekerja? Simpan percakapan santai itu untuk perjalanan pulang (handsfree, tentu saja) atau istirahat. Ada sangat sedikit panggilan yang tidak bisa menunggu.

Baca Juga: Agar Tidak Stres, Penting Istirahat Sejenak dari Handphone

4. Biarkan pesan suara menerima panggilan

Daripada langsung menjawab panggilan, atur telepon agar semuanya masuk ke pesan suara. Periksa pesan secara teratur dan tanggapi berdasarkan urgensinya.

Penting untuk dicatat bahwa sistem ini tidak ideal ketika seseorang mengandalkanmu untuk segera menanggapi keadaan darurat, misalnya, jika kamu adalah pengasuh utama mereka. Namun, ini adalah cara efektif untuk menangani panggilan tidak mendesak yang tidak memerlukan perhatian segera.

5. Temukan tempat pribadi untuk melakukan panggilan telepon

Meskipun melakukan panggilan pribadi saat istirahat tidak masalah, carilah tempat pribadi untuk melakukannya. Temukan tempat di mana orang lain — mereka yang bekerja atau juga sedang istirahat — tidak akan diganggu. Pastikan tidak ada yang bisa mendengar percakapanmu, terutama jika kamu membahas hal-hal pribadi.

6. Jangan bawa HP ke kamar kecil

Baik di tempat kerja atau di mana pun dalam hal ini, ini adalah aturan penting dari etiket ponsel. Mengapa? Tidak sopan bagi orang di telepon yang menggunakan kamar mandi. Selain itu juga untuk menghormati rekan kerja, izinkan mereka untuk menjaga privasi mereka.

7. Jangan melihat ponsel selama rapat, kecuali …

Selain menggunakan ponsel untuk berbicara atau mengirim teks, mereka telah menjadi alat kerja yang penting. Jangan gunakan ponsel saat rapat kecuali untuk sesuatu yang terkait dengan rapat. Gunakan aplikasi sesuai kebutuhan — misalnya, untuk menambahkan sesuatu ke kalender atau membuat catatan.

Namun, saat rapat, jangan mengirim pesan, memeriksa umpan berita media sosial, memposting status, atau bermain game.**(RW)

Leave a Reply