Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Pro Kontra Tidur Siang Setelah Olahraga

Topcareer.id – Aktivitas fisik seperti olahraga mampu meningkatkan detak jantung dan alirah darah, membuatmu merasa terjaga. Namun, kamu juga bisa merasa lelah setelah berolahraga. Setelah lelah berolahraga, mungkin kamu perlu tidur siang, aman atau tidak ya?

Menurut laman Healthline, secara umum, merasa mengantuk setelah berolahraga bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Merasa lelah setelah memaksakan diri secara fisik adalah hal yang wajar. Tapi, tidur siang setelah olahraga ada sisi baik dan buruknya.

Keuntungan tidur siang setelah berolahraga

Pemulihan otot

Tidur siang setelah berolahraga dapat mendukung pemulihan otot. Saat kamu tidur, kelenjar pituitari melepaskan hormon pertumbuhan. Ototmu membutuhkan hormon ini untuk memperbaiki dan membangun jaringan. Ini penting untuk pertumbuhan otot, kinerja atletik, dan menuai manfaat dari aktivitas fisik.

Baca Juga: Rutin Olahraga Plank Bantu Tingkatkan Fokus

Hutang tidur yang membaik

Kurang tidur menghambat pemulihan otot. Ini juga memperlambat fungsi kognitif dan melemahkan sistem kekebalan, berkontribusi pada kinerja atletik yang buruk. Dengan tidur siang, kamu bisa mengurangi efek kurang tidur dengan lebih banyak istirahat.

Mengurangi kelelahan fisik

Rasa mengantuk setelah berolahraga merupakan salah satu tanda kelelahan otot. Namun, karena tidur siang mendorong pemulihan otot, itu mengurangi kelelahan. Hal ini dapat mempermudah kamu untuk melakukan kewajiban lain selama sisa hari itu.

Peningkatan kewaspadaan mental

Demikian pula, tidur siang setelah berolahraga dapat meningkatkan energi mental. Jika kamu bangun pagi untuk berolahraga, tidur siang bisa membantumu mengurangi rasa lelah.

Kekurangan tidur siang setelah berolahraga

Kualitas tidur siang yang buruk

Olahraga meningkatkan endorfin dan suhu tubuh. Perubahan yang disebabkan oleh olahraga ini dapat membuat otak dan tubuh tetap terjaga. Itulah mengapa beberapa orang menghindari berolahraga sebelum tidur.

Oleh karena itu, walaupun ingin tidur siang, mungkin akan sulit untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas. Mungkin perlu waktu untuk menentukan apakah tidur siang setelah latihan tepat untukmu.

Rasa grogi meningkat

Jika kamu tidur siang yang lama, kamu mungkin akan memasuki tahap tidur yang lebih dalam. Kamu akan merasa grogi dan bingung saat bangun. Perasaan ini, yang dikenal sebagai inersia tidur, dapat berlangsung hingga 30 menit.

Tidur malam terganggu

Meskipun tidur siang dapat mengurangi utang tidur, hal itu dapat memengaruhi tidur malam secara negatif. Kamu mungkin sulit tidur di malam hari. Selain itu, jika kamu mengalami gangguan tidur, tidur siang dapat memperburuk gejala.**(RW)

Leave a Reply