Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Olahraga, Strategi Lindungi Diri dan Tangkal Virus Corona Selama Pandemi

Topcareer.id – Sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk melindungi diri dari novel corona virus, kamu harus tinggal di rumah, menjaga jarak ketika berada di luar, mencuci tangan, dan sering mendisinfeksi permukaan.

Tetapi peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Virginia mengusulkan perilaku kunci lain untuk ditambahkan ke dalam daftar untuk menangkal virus corona, yakni olahraga. Tidak hanya manfaatnya yang baik bagi suasana hati, olahraga juga menjaga kesehatan paru-paru, sistem kekebalan tubuh.

Dalam tinjauan penelitian sebelumnya, Zhen Yan, seorang profesor kedokteran kardiovaskular yang menjalankan laboratorium fisiologi latihan molekuler di UVA, menunjukkan bahwa olahraga meningkatkan produksi antioksidan yang dikenal sebagai “ekstraseluler superoksida dismutase,” atau EcSOD, yang pada gilirannya akan melindungi dari penyakit paru-paru akut dan penyakit lainnya termasuk COVID-19.

Baca Juga: Olahraga Ini Malah Membuatmu Berisiko Tinggi Terkena Covid-19

Secara khusus, kata Yan, antioksidan dapat melindungi dari sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS), atau ARDS, yang mematikan dalam 45% kasus. ARDS mempengaruhi hingga 85% pasien di ICU yang terkena COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Yan mengatakan kesimpulannya adalah bahwa olahraga (sambil menjaga jarak aman dari orang lain) adalah strategi kunci untuk melindungi dari komplikasi parah akibat COVID-19, jika kamu jatuh sakit.

“Kita tidak bisa hidup dalam isolasi selamanya,” katanya dalam siaran pers. “Olahraga teratur memiliki manfaat kesehatan yang jauh lebih banyak daripada yang kita ketahui. Perlindungan terhadap kondisi penyakit pernapasan yang parah ini hanyalah salah satu dari banyak contoh.” Katanya.

Yan dan rekannya melihat 120 penelitian sebelumnya, banyak di antaranya dilakukan pada hewan dan beberapa di antaranya dari labnya sendiri, untuk melihat bagaimana, pada tingkat molekuler, EcSOD yang didorong oleh olahraga melindungi jaringan dari stres oksidatif, yang berkontribusi pada perkembangan banyak penyakit.

Olah raga juga dapat membantu antioksidan beredar melalui tubuh ke jaringan lain yang terkena penyakit. Yan mengatakan temuan mereka “sangat mendukung” kemungkinan bahwa olahraga dapat mencegah atau setidaknya mengurangi keparahan Acute respiratory distress syndrome (ARDS). Bahkan olahraga teratur dapat memacu produksi antioksidan.

Yan mengatakan kepada Business Insider bahwa meskipun latihan aerobik paling baik dalam menstimulasi EcSOD, latihan beban juga penting karena “lebih banyak otot kemungkinan besar akan menghasilkan lebih banyak produksi EcSOD, sehingga lebih banyak manfaat.” Kata Yan.

Dia merekomendasikan setidaknya 30 menit setiap hari untuk menuai manfaat olahraga. Olahraga tetap menjadi cara penting untuk meningkatkan sistem kekebalan dan menjaga fungsi paru-paru tetap sehat. Terlepas dari pengaruhnya terhadap pasien virus corona, tetap aktif berolahraga dapat menjaga kesehatan paru-paru dan sistem kekebalan yang sangat penting selama pandemi.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply