Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Teh Herbal yang Bisa Redakan Gejala Asma

Ilustrasi. (dok. Harvard Health)

Topcareer.id – Penyakit asma mengakibatkan gejala seperti sesak napas, mengi, batuk, dan sesak dada. Meskipun ada banyak pengobatan konvensional untuk asma, beberapa teh herbal dapat meredakan gejala asma.

Melansir laman Healthline, berikut beberapa jenis teh herbal yang dapat meredakan asma.

1. Teh jahe

Teh jahe dibuat dengan merebus akar tanaman jahe (Zingiber officinale). Bumbu kuat ini sarat dengan nutrisi dan senyawa bioaktif. Ini terkait dengan manfaat seperti mengurangi peradangan, meredakan mual, dan menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu meredakan gejala asma. Studi tabung reaksi menggunakan sel manusia menunjukkan bahwa senyawa jahe, seperti gingerol dan shogaols, dapat meringankan gejala asma dengan mengurangi peradangan saluran napas. Kamu dapat menikmati teh jahe apa adanya atau dengan sedikit lemon, madu, atau kayu manis.

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Teh yang Kamu Mungkin Belum Tahu

2. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman populer yang berasal dari daun tanaman Camellia sinensis. Teh ini dikemas dengan nutrisi, senyawa tanaman, dan antioksidan, yang terkait dengan penurunan berat badan, serta risiko yang lebih rendah dari diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker tertentu.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meredakan gejala asma. Sebuah penelitian di lebih dari 1.000 orang menemukan bahwa mereka yang minum setidaknya dua cangkir teh hijau berukuran 8 ons (240 mL) memiliki fungsi paru-paru yang jauh lebih baik daripada mereka yang tidak minum.

3. Teh hitam

Seperti halnya teh hijau, teh hitam berasal dari tanaman Camellia sinensis. Jika terkena udara untuk oksidasi, daunnya akan berubah warna menjadi cokelat tua, yang memperkuat rasa.  

Sama halnya dengan teh hijau, teh hitam mengandung kafein, yang dapat membantu mengendurkan saluran udara dan sedikit meningkatkan fungsi paru-paru. Ini dapat memberikan bantuan sementara dari gejala asma.

Baca juga: Lima Efek Samping yang Muncul Jika Berlebihan Konsumsi Teh

4. Teh Eucalyptus

Teh kayu putih terbuat dari daun pohon ekaliptus, yang dikemas dengan antioksidan kuat dan senyawa tanaman seperti kayu putih. Khususnya, eukaliptol dapat membantu mengobati gejala asma.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini dapat mengurangi peradangan, menurunkan produksi lendir, dan memperluas bronkiolus, atau saluran di dalam paru-paru.

Caranya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan daun kayu putih kering. Cukup rendam daun kering dalam 1 cangkir (240 mL) air mendidih selama 10 menit, dan gunakan saringan atau kain katun tipis untuk membuang daunnya sebelum diminum.

5. Teh mullein

Teh mullein adalah infus kaya dan aromatik yang terbuat dari daun mullein umum (Verbasscum thapus), yang berasal dari Eropa, Asia, dan Afrika. Teh ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun sebagai obat untuk kondisi pernapasan, seperti bronkitis, penumpukan lendir (catarrh), dan asma.

Penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa mullein dapat membantu mengobati gejala asma seperti batuk, mengi, dan sesak napas dengan mengurangi peradangan, yang membantu mengendurkan otot-otot di saluran pernapasan. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian.**(Feb)

Leave a Reply