Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Tingkatkan Hormon untuk Mood yang Lebih Baik (Bagian 1)

Sumber foto: happyho.in

Topcareer.id – Hormon adalah bahan kimia yang diproduksi oleh berbagai kelenjar di seluruh tubuh kamu. Mereka melakukan perjalanan melalui aliran darah, bertindak sebagai pembawa pesan dan berperan dalam banyak proses tubuh.

Salah satu fungsi penting hormon adalah membantu mengatur mood kamu. Hormon tertentu diketahui membantu meningkatkan perasaan positif, termasuk kebahagiaan dan kesenangan.

Hormon bahagia ini meliputi:

  • Dopamin
    Juga dikenal sebagai hormon perasaan baik. Dopamin adalah hormon dan neurotransmitter yang merupakan bagian penting dari sistem penghargaan otak kamu. Dopamin dikaitkan dengan sensasi yang menyenangkan, bersama dengan pembelajaran, memori, fungsi sistem motorik, dan banyak lagi.
  • Serotonin
    Hormon ini membantu mengatur suasana hati kamu serta tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, dan memori.
  • Oksitosin
    Sering disebut “hormon cinta”, oksitosin sangat penting untuk persalinan, menyusui, dan ikatan orangtua-anak yang kuat. Kadar oksitosin umumnya meningkat dengan kasih sayang fisik seperti ciuman, pelukan, dan seks.
  • Endorfin
    Endorfin adalah pereda nyeri alami tubuh kamu, yang diproduksi tubuh sebagai respons terhadap stres atau ketidaknyamanan. Kadar endorfin juga cenderung meningkat saat kamu melakukan aktivitas yang menghasilkan kesenangan, seperti makan, berolahraga, atau berhubungan seks.

Berikut cara untuk meningkatkan kadar hormon bahagiamu.

Bagian pertama dari artikel:

Baca juga: 5 Strategi Ampuh untuk Usir Bad Mood

Pergi ke luar
Ingin meningkatkan kadar endorfin dan serotonin? Menghabiskan waktu di luar ruangan, di bawah sinar matahari, adalah cara yang bagus untuk melakukan ini. Paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi serotonin dan endorfin. Mulailah dengan setidaknya 10 hingga 15 menit di luar setiap hari.

Luangkan waktu untuk berolahraga
Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan fisik. Ini juga dapat berdampak positif pada kesejahteraan emosional. Jika kamu pernah mendengar tentang runner’s high, kamu mungkin sudah tahu tentang hubungan antara olahraga dan pelepasan endorfin.

Tidak hanya menerbitkan endorfin, aktivitas fisik yang teratur juga dapat meningkatkan kadar dopamin, dan serotonin.

Tertawalah dengan sahabatmu
“Tertawa adalah obat terbaik.” Walaupun tertawa belum tentu mengatasi masalah kesehatan yang sedang berlangsung, tapi tertawa, apalagi bersama sahabat, bisa membantu meredakan perasaan cemas atau stres, dan memperbaiki suasana hati dengan meningkatkan kadar dopamin dan endorfin.

Masak dan nikmati makanan favorit bersama orang yang dicintai
Kenikmatan yang didapat dari makan sesuatu yang enak bisa memicu pelepasan dopamin bersama dengan endorfin. Berbagi makanan dengan seseorang yang kamu cintai, dan menyiapkan makanan bersama, dapat meningkatkan kadar oksitosin.

Baca juga: 6 Makanan dan Minuman Enak tapi Bikin Bad Mood

Konsumsi suplemen
Ada beberapa suplemen yang dapat membantu meningkatkan kadar hormon bahagia kamu. Berikut ini beberapa kandungan dari suplemen yang perlu kamu pertimbangkan:

  • Tirosin (terkait dengan produksi dopamin)
  • Ekstrak teh hijau dan teh hijau (dopamin dan serotonin)
  • Probiotik (dapat meningkatkan produksi serotonin dan dopamin)
  • Triptofan (serotonin)

Dengarkan musik
Musik dapat meningkatkan lebih dari satu hormon bahagia. Mendengarkan musik instrumental, terutama musik yang membuat kamu merinding, dapat meningkatkan produksi dopamin di otak kamu.

Mendengarkan musik yang kamu sukai dapat membantu membuat suasana hati membaik. Perubahan suasana hati ini dapat meningkatkan produksi serotonin. Musisi juga mengalami pelepasan endorfin saat membuat musik.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply