Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Studi: Rutin Bersepeda Bikin Fisik Lebih Lincah Saat Tua Nanti

Dok/Kemenperin

Topcareer.id – Jika kamu ingin berjalan dengan mudah seiring bertambahnya usia, kamu mungkin perlu melakukan lebih dari sekadar berjalan-jalan sekarang.

Menurut studi tentang pejalan kaki dan pengendara sepeda, ditemukan bahwa orang yang sering bersepeda untuk olahraga dapat berjalan kaki dengan lebih efisien disaat tua daripada orang yang olahraga utamanya hanya berjalan kaki.

Secara umum, ilmu olahraga menunjukkan bahwa melakukan sesuatu apapun terkait kegiatan fisik jauh lebih baik untuk kesehatan dan umur panjang daripada tidak melakukan apapun. Serangkaian studi epidemiologi menunjukkan bahwa jika pria dan wanita mulai bergerak cukup untuk keluar dari kelompok orang yang paling tidak aktif, risiko mereka terkena penyakit kronis dan kematian dini akan berkurang.

Baca Juga: Bagaimana Posisi Tubuh yang Baik Saat Bersepeda?

Secara umum, kebanyakan orang dapat berjalan sejak kecil dan berharap untuk terus dapat berjalan dengan baik selama sebagian besar hidupnya. Tetapi studi biomekanik sebelumnya menunjukkan bahwa orang cenderung menjadi pejalan kaki yang secara fisiologis tidak efisien seiring bertambahnya usia.

Dalam istilah praktis, peningkatan ketidakefisienan ini akan membuat berjalan terasa lebih sulit dan lebih melelahkan, mungkin mendorong orang lanjut usia untuk berjalan lebih sedikit, lebih lambat, lebih banyak duduk dan berpotensi menjadi lemah hingga akhirnya harus menggunakan kursi roda.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply