Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Lancar Interview Kerja? Coba Buat Cheat Sheet Sebagai Panduan

Topcareer.id – Bagi kamu yang pernah mencari pekerjaan sebelumnya, pasti tahu bahwa resume dan pengalaman yang bagus hanyalah bagian dari proses.

Segala sesuatu yang lain bergantung pada bagaimana kamu menampilkan diri baik secara tertulis maupun secara langsung.

Setelah kamu menyiapkan segala sesuatunya dan berhasil dipanggil untuk interview kerja tentu momen tersebut sering menyebabkan grogi dan mengganggu fokus kamu.

Nah, coba deh kamu siasati dengan membuat cheat sheet untuk interview. Ini bukanlah cara curang untuk mendapat pekerjaan, cheat sheet bisa diartikan sebagai “contekan” yang memuat informasi penting untuk disampaikan dalam interview.

Baca Juga: Jangan Lakukan Ini saat Interview Panel (Bagian 1)

Jangan Lakukan Ini saat Interview Panel (Bagian 2)

Berikut ini poin yang harus ada dalam cheat sheet untuk disampaikan dalam menjawab pertanyaan dari interviewer:

Buat garis di tengah selembar kertas. Di sisi kiri, buat daftar poin tentang apa yang dicari perusahaan berdasarkan posting pekerjaan. Di sisi kanan, buatlah daftar berpoin dari kualitas yang kamu miliki yang sesuai dengan persyaratan tersebut.

Alasan kamu melamar pekerjaan
Ini poin penting utama untuk kamu tuliskan dalam cheat sheet kamu. Jabarkan alasan kamu mengapa kamu melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Buat dengan singkat, padat, dan jelas. Kamu bisa tuliskan sekitar dua sampai tiga kalimat agar lebih mudah kamu ingat dan pahami. Kamu juga bisa menambahkan passion dan pengalamanmu yang terkait dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Tulis soft skill dan hard skill
Hal ini juga perlu dimuat dalam cheat sheet, karena bagian dari interview tidak hanya menjabarkan apa alasanmu melamar kerja dan pengalaman apa yang kamu miliki, tetapi juga skill unik apa saja dari hard skill dan soft skill kamu yang bisa menarik bagi perusahaan dan relevan lowongan pekerjaan tersebut.

Siapkan pertanyaan
Seorang HRD yang melakukan wawancara kerja kepada kandidat akan sangat senang apabila si pelamar memiliki pertanyaan berkualitas. Siapkan pertanyaan untuk interviewer seperti bagaimana budaya kerja perusahaan, apa rencana jangka pajang perusahaan secara umum, bagaimana tahap seleksi perusahaan terhadap kandidiat selanjutnya. Pertanyaan ini tidak hanya memperluas wawasanmu untuk mengenal lebih dalam perusahaan dan membuat dirimu terlihat memiliki minat yang tinggi tetapi juga membuatmu bisa menyiapkan diri untuk langkah selanjutnya. Hindari pertanyaan yang isfatnya sensitif seperti rahasia perusahaan.

Cantumkan kontribusi kamu
Setiap rekruter pasti ingin mengetahui hal apa saja yang akan kamu lakukan untuk perusahaan jika kamu diterima bekerja. Siaplkan catatan sebagai panduan kamu untuk menjawab pertanyaan akan hal tersebut. Kontribusinya antara lain kamu akan berperilaku kreatif dan inovatif untuk memajukan perusahaan, berkomitmen menjaga rahasia perusahaan, dan siap untuk berkomitmen untuk patuh terhadap seluruh aturan perusahaan.

Itu tadi beberapa poin penting untuk cheat sheet. Tetapi ini bukan berarti saat interview kamu bisa membawa contekan ini dan kamu bacakan saat menjawab pertanyaan. Ini bertujuan sebagai panduan bagi kamu agar siap menghadapi interview. Bacalah cheat sheet ini sesaat sebelum melakukan interview kerja agar kamu lebih siap.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply