Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini Kelebihan dan Kekurangan Metode Focus Group Discussion (FGD)

Sumber foto: freepik

Topcareer.id – Komposisi Focus Group Discussion (FGD) harus direncanakan dengan hati-hati untuk menciptakan lingkungan yang tidak mengintimidasi, sehingga para peserta merasa bebas untuk berbicara secara terbuka dan memberikan pendapat yang jujur.

Karena peserta secara aktif didorong untuk tidak hanya mengungkapkan pendapat mereka sendiri, tetapi juga menanggapi anggota lain dan pertanyaan yang diajukan oleh pemimpin. FGD harus menawarkan kedalaman, nuansa, dan variasi untuk diskusi yang tidak akan tersedia melalui survei.

Selain itu, FGD tak hanya disusun dan diarahkan, tetapi juga ekspresif, FGD dapat menghasilkan banyak informasi dalam waktu yang relatif singkat. Karena itu, FGD adalah cara yang baik untuk mengumpulkan informasi mendalam tentang pemikiran dan pendapat komunitas tentang suatu topik.

Baca juga: Tips Tetap Produktif Bekerja dari Rumah dari 3M

Fitur utama FGD

  • Melibatkan diskusi terorganisir dengan sekelompok individu yang dipilih untuk mendapatkan informasi tentang pandangan dan pengalaman mereka tentang suatu topik.
  • Sangat cocok untuk mendapatkan beberapa perspektif tentang topik yang sama.
  • Membantu mendapatkan wawasan ke dalam pemahaman bersama orang-orang tentang kehidupan sehari-hari dan cara-cara di mana individu dipengaruhi oleh orang lain dalam situasi kelompok.
  • Peran moderator sangat signifikan, karena tingkat kepemimpinan kelompok dan keterampilan interpersonal yang baik diperlukan untuk memoderasi suatu kelompok dengan sukses.

Kelebihan FGD

  • Diskusi yang bebas dan terbuka di antara para responden menghasilkan ide-ide baru yang dapat sangat berguna untuk pengambilan keputusan.
  • FGD tidak statis. Moderator dapat membawa perubahan apa pun untuk memfasilitasi diskusi dengan lebih baik selama diskusi kelompok. Dinamisme ini memungkinkan hasil yang lebih baik dalam hal informasi yang diperoleh.
  • Ekspresi selain yang berbentuk verbal seperti gerakan dan aktivitas yang dirangsang, dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi penyelenggara.

Baca juga: Ingin Produktif Saat WFH, Olahraga Dahulu

Kekurangan FGD

  • Meskipun moderator dapat mengendalikan diskusi, sejauh mana dia dapat mengontrol diskusi tergantung pada pengalamannya. Moderator yang tidak berpengalaman mungkin menghadapi masalah dalam mengendalikan beberapa peserta yang mencoba untuk mendominasi grup.
  • Responden mungkin enggan untuk membagikan beberapa ide dan masalah sensitif secara publik.
  • Karena ukuran sampel yang kecil dan heterogenitas individu, hasil mungkin tidak memadai untuk membuat proyeksi atau gambaran gabungan dari situasi tersebut.
  • FGD dapat menjadi pengaturan yang sangat artifisial, yang memengaruhi responden untuk mengekspresikan dan bertindak secara tidak wajar. Temuannya mungkin jauh dari yang sebenarnya.**(Feb)
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply