Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Mengenal Focus Group Discussion (FGD) dalam Perusahaan

Sumber foto: weloty.com

Topcareer.id – Focus Group Discussion (FGD) merupakan cara yang baik untuk mengumpulkan orang-orang dari latar belakang atau pengalaman yang sama, untuk membahas topik tertentu yang menarik.

Kelompok peserta dipandu oleh seorang moderator (atau fasilitator kelompok) yang memperkenalkan topik untuk diskusi dan membantu kelompok untuk berpartisipasi dalam diskusi yang hidup dan alami di antara mereka sendiri.

Kekuatan FGD bergantung pada situasi yang memungkinkan para peserta untuk sepakat atau tidak setuju satu sama lain.

Hal ini dipercaya mampu memberikan wawasan tentang bagaimana suatu kelompok berpikir tentang suatu masalah, pendapat, gagasan, ketidakkonsistenan, serta variasi yang ada dalam komunitas tertentu, dalam hal keyakinan, pengalaman, serta praktik mereka.

FGD dapat digunakan untuk mengeksplorasi arti dari temuan survei yang tidak dapat dijelaskan secara statistik, berbagai pendapat/pandangan tentang topik yang menarik, serta untuk mengumpulkan berbagai istilah lokal.

Baca juga: Ingin Lebih Produktif? Minum Kafein Jenis Ini

Dalam menjembatani penelitian dan kebijakan, FGD bermanfaat dalam memberikan wawasan tentang berbagai pendapat di antara berbagai pihak yang terlibat dalam proses perubahan, sehingga memungkinkan proses tersebut dikelola dengan lebih lancar. Ini juga merupakan metode yang baik untuk digunakan sebelum merancang kuesioner.

Sesi FGD perlu dipersiapkan dengan hati-hati dengan mengidentifikasi tujuan utama pertemuan, mengembangkan pertanyaan kunci, mengembangkan agenda, dan merencanakan cara merekam sesi.

Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi dan mengundang peserta diskusi yang cocok. Jumlah peserta yang ideal adalah antara 6 hingga 12 anggota.

Elemen penting FGD adalah fasilitas. Beberapa poin penting yang perlu diingat dalam memfasilitasi FGD adalah untuk memastikan partisipasi yang merata, kata-kata kunci dari pertanyaan-pertanyaan kunci, menjaga sikap dan penampilan yang netral, dan merangkum sesi untuk mencerminkan pendapat secara adil dan merata.

Baca juga: Tips Tetap Produktif Bekerja dari Rumah dari 3M

Laporan terperinci harus disiapkan setelah sesi selesai. Setiap pengamatan selama sesi harus dicatat dan dimasukkan dalam laporan.

FGD dapat juga dilakukan secara online. Ini sangat berguna untuk mengatasi penghalang jarak. FGD ini juga bisa dilakukan sebagai salah satu tahapan dalam melakukan rekrutmen karyawan baru.

Selain tes tertulis, dalam tahapan rekrutmen sebuah perusahaan biasanya terdapat juga proses Focus Group Discussion. Biasanya posisi yang menggunakan FGD dalam proses perekrutan adalah Management Trainee (MT), Officer Development Program (ODP), serta program akselerasi lainnya yang dimiliki oleh perusahaan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply