Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, October 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Virus Komputer Mematikan Di Dunia (Bagian 1)

Topcareer.id – Sebagai pengguna teknologi canggih terutama komputer, kamu pasti pernah mengalami masalah seperti sistem error atau komputer bekerja lambat.

Banyak hal yang menyebabkan gangguan pada komputer, yang paling umum adalah akibat ukuran memori yang kurang besar atau memang komputernya menggunakan prosesor berkecepatan rendah.

Namun yang paling mengganggu dan bahkan mematikan adalah komputer yang terjangkit oleh virus. Layaknya manusia, komputer pun bisa terjangkit virus dengan cara tertentu.

Baca Juga: Bantu Riset Tangani Covid-19, Jepang Ciptakan Komputer Super Cepat

Ada beberapa virus komputer terburuk dan terkenal yang telah menyebabkan banyak kerusakan di kehidupan nyata hingga mengakibatkan kerugian yang sangat besar dan mengganggu infrastruktur kehidupan nyata yang penting.

Ini dia 10 virus komputer paling terkenal dan berbahaya di dunia.

Bagian pertama dari artikel:

  1. ILOVEYOU
    ILOVEYOU dianggap sebagai salah satu virus komputer paling ganas yang pernah dibuat. Itu berhasil menghancurkan kekacauan pada sistem komputer di seluruh dunia dengan kerusakan yang mengakibatkan kerugian sekitar US $ 10 miliar. 10% komputer di dunia diyakini telah terinfeksi virus ini. Virus ini diciptakan oleh dua programmer Filipina, Reonel Ramones dan Onel de Guzman. Apa yang dilakukannya adalah menggunakan manipulasi psikologis untuk membuat orang mengklik attachment pengakuan cinta. Lampiran tersebut sebenarnya adalah skrip yang menyamar sebagai file TXT. Setelah diklik, attachment itu akan mengirimkan dirinya sendiri ke semua orang di milis pengguna dan melanjutkan untuk menimpa file dengan dirinya sendiri, membuat komputer tidak dapat di-boot. Keduanya tidak pernah dituntut, karena tidak ada undang-undang tentang malware. Hal ini menyebabkan diberlakukannya UU E-Commerce untuk mengatasi masalah tersebut.
  2. Code Red
    Code Red pertama kali muncul pada tahun 2001 dan ditemukan oleh dua karyawan eEye Digital Security. Dinamai Code Red karena mereka tengah meminum Code Red Mountain Dew pada saat menemukan virus tersebut. Virus ini tipenya worm yang menargetkan komputer dengan server web Microsoft IIS diinstal, mengeksploitasi masalah buffer overflow dalam sistem. Virus ini meninggalkan sangat sedikit jejak pada hard disk karena dapat berjalan sepenuhnya di memori, dengan ukuran 3.569 byte. Setelah menginfeksi, worm itu akan melanjutkan untuk membuat ratusan salinan dari dirinya sendiri tetapi karena adanya bug dalam pemrograman, virus akan menggandakan dirimya lebih banyak dan akhirnya memakan banyak sumber daya sistem. Sebuah patch kemudian dirilis dan diperkirakan menyebabkan kerugian hingga US $ 2 miliar. Total sekitar 1-2 juta server terpengaruh oleh virus ini.
  3. Melissa
    Dinamai dengan nama seorang penari eksotis asal Florida, virus itu dibuat oleh David L. Smith pada tahun 1999. Ini dimulai sebagai dokumen Word yang terinfeksi yang diposting di grup usenet alt.sex, mengklaim sebagai daftar kata sandi untuk situs porno. Ini membuat orang penasaran dan ketika diunduh dan dibuka, itu akan memicu skrip makro di dalam file dan melepaskan muatannya. Virus akan mengirimkan dirinya sendiri ke 50 orang teratas di buku alamat email pengguna dan ini menyebabkan peningkatan lalu lintas email, mengganggu layanan email pemerintah dan perusahaan. Itu juga terkadang merusak dokumen dengan memasukkan referensi Simpsons ke dalamnya. Smith akhirnya tertangkap ketika dokumen Word berisi file itu dilacak. File tersebut diunggah menggunakan akun AOL curian dan dengan bantuan para pencipta virus lain, penegak hukum dapat menangkapnya kurang dari seminggu sejak wabah dimulai. FBI bekerja sama dengan para pembuat virus yang telah ditangkap seperti pembuat virus Anna Kournikova yang juga terkenal. Atas kerjasamanya, dia diberi keringanan hukuman dan hanya menjalani hukuman 20 bulan serta membayar denda US $ 5000 dari hukuman yang awalnya divonis 10 tahun penjara. Virus Melissa dilaporkan telah menyebabkan kerugian hingga US $ 80 juta.
  4. Sasser
    Worm Windows pertama kali ditemukan pada tahun 2004, diciptakan oleh mahasiswa ilmu komputer Sven Jaschan, yang juga menciptakan worm Netsky. Meskipun muatan itu sendiri dapat dilihat sebagai hal yang mengganggu (memperlambat dan merusak komputer, sementara membuatnya sulit untuk diatur ulang tanpa mematikan daya), efeknya sangat mengganggu, dengan jutaan komputer terinfeksi, dan infrastruktur kritis terpengaruh. Worm ini mengambil keuntungan dari kerentanan buffer overflow di Layanan Subsistem Otoritas Keamanan Lokal (LSASS), yang mengontrol kebijakan keamanan akun lokal yang menyebabkan crash ke komputer. Itu juga akan menggunakan sumber daya sistem untuk menyebarkan dirinya ke mesin lain melalui Internet dan menginfeksi komputer lain secara otomatis. Hal ini menyebabkan lebih dari satu juta komputer terinfeksi, merusak infrastruktur penting, seperti maskapai penerbangan, kantor berita, transportasi umum, rumah sakit, transportasi umum, dll. Secara keseluruhan, kerusakan diperkirakan menelan kerugian hingga US $ 18 miliar. Jaschen diadili sebagai anak di bawah umur dan menerima hukuman percobaan selama 21 bulan.
  5. Zeus
    Zeus adalah virus jenis trojan horse atau kuda troya yang dibuat untuk menginfeksi komputer Windows sehingga akan melakukan berbagai tugas kriminal. Tugas yang paling umum biasanya adalah keylogging man-in-the-browser dan pengambilan formulir. Mayoritas komputer terinfeksi baik melalui unduhan drive-by atau penipuan phishing. Pertama kali diidentifikasi pada tahun 2009, ia berhasil membobol ribuan akun FTP dan komputer dari perusahaan multinasional besar dan bank seperti Amazon, Oracle, Bank of America, Cisco, dll. Pengontrol botnet Zeus menggunakannya untuk mencuri kredensial login jaringan sosial , email dan rekening bank. Diperkirakan lebih dari 1 juta komputer di dunia terinfeksi, dengan 25% nya ada di AS. Operasinya canggih dengan melibatkan orang-orang dari seluruh dunia untuk menyelundupkan dan mentransfer uang tunai kepada para pemimpin di Eropa Timur. 100 orang telah ditangkap sehubungan dengan operasi tersebut. Pada akhir 2010, pencipta Zeus mengumumkan pengunduran dirinya tetapi banyak ahli percaya bahwa berita tersebut tidak benar.**(RW)

Artikel bersambung ke bagian kedua

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply